sign up SIGN UP

Sering Merasakan Kesulitan, Begini Cara Seorang Introvert Bertahan di Kota Besar

Astari Dewi Larasati | Senin, 08 Feb 2021 22:00 WIB
Sering Merasakan Kesulitan, Begini Cara Seorang Introvert Bertahan di Kota Besar
caption
Jakarta -

Seorang introvert biasanya dikenal punya sifat pemalu lalu dikenal membenci obrolan ringan. Pada dasarnya, introvert akan kehilangan energi saat berada di sekitar orang lain. Jika mereka berada dalam lingkungan sosial, nantinya akan butuh waktu untuk mengisi ulang energi.

Namun, apa jadinya seorang introvert yang harus bertahan di kota besar? Karena banyak kota yang mempunyai mobilitas sosial tinggi sehingga akan membuat introvert susah bertahan. Jangan khawatir dan coba ikuti cara ini untuk kalian yang seorang introvert.

Jadikan me time sebagai prioritas

Introvert bisa menghabiskan me time sebaik mungkin dan menjadikannya sebagai prioritas.
Freepik.com

Kebanyakan introvert memiliki me time yang tidak dapat dinegosiasikan. Karena bagi mereka, saat seperti inilah yang membuat jadi diri sendiri dan mengisi ulang energi. Biasanya introvert akan menghabiskan waktu sendiri di kamar dan melakukan banyak aktivitas. Jadi, ketika sudah sampai rumah dan melepaskan penat dari kegiatan di luar rumah, introvert bisa menghabiskan me time sebaik mungkin dan menjadikannya sebagai prioritas.

Belajar bilang tidak

Lakukan penolakan dengan cara sopan dan tidak perlu kasar.
Freepik.com

Ketika hidup di kota besar, orang sekitar akan selalu mengajak hangout ke mall atau sekedar pergi bersama. Namun, hal ini bukanlah suatu yang disukai oleh para introvert. Jadi demi kenyamanan diri sendiri, perlu belajar bilang tidak. Jangan takut menyakiti perasaan orang tersebut. Lakukan penolakan dengan cara sopan dan tidak perlu kasar.

Rencanakan kegiatan sendiri

Coba rencanakan kegiatan dan segala sesuatunya untuk diri sendiri.
Freepik.com

Kemungkinan jika tinggal di kota besar, ada banyak hal yang harus dilakukan dan dilihat. Coba rencanakan kegiatan dan segala sesuatunya untuk diri sendiri. Kalian bisa pergi sendiri sendiri atau bersama teman terdekat. Lalu kunjungi tempat yang membuat tenang dan jauhi kerumunan. Misalnya pergi ke taman kota, mengunjungi museum, hingga minum kopi di kafe.

Keluar dari zona nyaman

Terkadang harus memaksakan diri dalam situasi yang membuat tidak nyaman.
Freepik.com

Tidak peduli seberapa introvert kamu, ada banyak yang direncanakan dan dipersiapkan hanya untuk berurusan dengan situasi sulit. Terkadang harus memaksakan diri dalam situasi yang membuat tidak nyaman. Apapun masalahnya, tidak apa-apa memaksakan diri untuk keluar dari zona nyaman. Hal ini demi kebaikan diri sendiri dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id