sign up SIGN UP

Stop! Buang 6 Topik Ini Jika Ingin Bercanda dengan Orang Lain, karena Bisa Bikin Sakit Hati

Shinta Nikmah | Sabtu, 25 Sep 2021 23:30 WIB
Stop! Buang 6 Topik Ini Jika Ingin Bercanda dengan Orang Lain, karena Bisa Bikin Sakit Hati
caption

Bercanda adalah hal umum yang dilakukan oleh banyak orang untuk memancing tawa dan mencairkan suasana, agar lebih menyenangkan dan tidak kaku. Selain itu, bercanda juga bentuk perilaku yang bisa meredakan stres lho, sebab menurut Mayo Clinic, banyak tertawa menjadi salah satu penghilang stres yang hebat. Tidak hanya itu, banyak tertawa juga baik untuk kinerja organ dalam tubuh sehingga kamu lebih sehat.

Namun kamu perlu ingat ya Beauties, bercanda tetap ada etikanya. Kamu tidak bisa menggunakan sembarang topik untuk dibuat bercanda. Lalu apa saja hal yang sebaiknya tidak kamu gunakan sebagai bahan candaan?

Fisik Seseorang

Body shaming
Yang tidak boleh dijadikan bahan candaan: Body shaming/ Foto: freepik.com

Hal yang paling fatal jika kamu becanda dengan mengangkat topik fisik seseorang alias body shaming adalah bisa menghancurkan kesehatan mental orang lain. Kok bisa? Yap, Dr. Siti Rochimah, seorang psikolog sekaligus konselor di sebuah Yayasan Pendidikan di Solo, mengatakan bahwa body shaming, meskipun dalam konten bercanda bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri dan tersugesti untuk menganggap diri sendiri jelek dan kurang pantas.

Maka dari itu Beauties, kamu perlu jauhkan topik mengenai fisik seseorang untuk dijadikan bahan becandaan. Meskipun orang lain tidak menampakkan kekecewaan, namun bisa jadi dalam dirinya dia merasa sakit hati dan terlukai.

Gaya Berpakaian

Gaya berpakaian
Yang tidak boleh dijadikan bahan candaan: Gaya berpakaian/ Foto: freepik.com

Setiap orang memiliki taste atau selera tersendiri dalam berpakaian. Ada kalanya seseorang memang ingin terlihat berbeda dengan mengadopsi style berpakaian yang lebih unik. Namun, kamu tidak boleh menjadikan gaya berpakaian orang lain sebagai bahan candaan ya.

Selain dianggap tidak sopan, kamu juga tidak bisa menyalahkan gaya berpakaian orang lain karena tidak sesuai dengan seleramu. Jika kamu dijadikan lelucon karena cara berpakaianmu, kamu pasti akan tersinggung, bukan?

Kekurangan Seseorang

Kekurangan seseorang
Kekurangan seseorang/ Foto: freepik.com

Setiap orang pasti memiliki kekurangan atau kelemahan di bidang tertentu, seperti akademis, atau kekurangan fisik yang mungkin tidak kamu alami. Termasuk kondisi kesehatan yang mungkin menjadikan seseorang tersebut minder dengan teman-temannya. 

Kekurangan tersebut sangat tidak patut untuk dijadikan bahan candaan ya, Beauties. Sebab selain membuat orang lain tersinggung, candaan yang kamu lontarkan bahkan bisa membuat orang lain terpuruk.

Aib Orang Lain

Aib orang lain
Aib orang lain/ Foto: freepik.com

Aib merupakan sesuatu yang seharusnya tidak boleh diumbar dan dijadikan bahan candaan. Ketika seseorang mencoba menutupi aib namun kamu justru mengumbarnya bahkan dijadikan bahan candaan, maka hal tersebut bisa menyinggung perasaan orang lain. Terlebih jika orang tersebut justru sampai menaruh dendam karena candaanmu. 

Kamu pasti sering mendengar berita kriminal yang menyebutkan seseorang sampai tega membunuh rekannya hanya karena tersinggung, akibat candaan bukan? Ya, hal-hal menyeramkan tersebut memang bukan tak mungkin terjadi, dari sebuah 'candaan'.

Kepercayaan Orang Lain

Kepercayaan orang lain
Kepercayaan orang lain/ Foto: freepik.com

Zaman sekarang sudah bukan saatnya kamu mempermasalahkan tentang agama atau kepercayaan orang lain. Terlebih hal tersebut adalah hak pribadi masing-masing orang untuk memilih kepercayaan yang diyakininya.

Jika kamu membuat candaan dengan menyinggung agama lain, hal tersebut akan dianggap kurang sopan dan kamu bisa dicap rasis, lho. Jadi lebih baik jauhkan topik ini untuk bercanda dengan orang lain ya.

Masa Lalu yang Kurang Menyenangkan

Masa lalu yang kurang menyenangkan
Masa lalu yang kurang menyenangkan/ Foto: freepik.com

Tiap orang pasti memiliki masa lalu kurang menyenangkan yang sebisa mungkin ingin dilupakan. Jika kamu mengungkitnya lagi meski hanya sebatas candaan, hal tersebut bisa saja menyakiti orang lain.

Akan lebih baik jika kamu mencari topik yang pas untuk dibuat bercanda yang jauh dari pengalaman pahit orang lain dan menggantinya dengan candaan yang lebih aman.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id