sign up SIGN UP

Tanpa Disadari, Ini 5 Dampak Buruk Punya Banyak Followers

Ruhil Anadiah Sabrina | Minggu, 20 Jun 2021 12:15 WIB
Tanpa Disadari, Ini 5 Dampak Buruk Punya Banyak Followers
caption
Jakarta -

Di zaman yang serba canggih dan digital saat ini banyak orang yang  berlomba-lomba ingin memiliki banyak followers di akun media sosialnya. Memiliki banyak followers memang sangat menguntungkan. Bagi para artis, selebgram, hingga influencer hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menarik keuntungan dengan membuka jasa endorsement atau promosi berbayar.

Namun, memiliki banyak pengikut di media sosial tidak selalu menguntungkan loh. Adakalanya perilaku negatif seringkali kita peroleh. Nah berikut lima dampak buruk yang bakal kamu rasakan kalau punya banyak followers

1. Tidak bisa menjadi diri sendiri, mengupload konten hanya untuk mengesankan followers 

wanita sedang upload konten
wanita sedang upload konten/pexels.com

Memiliki banyak pengikut di media sosial akan membuat kita menjadi sorotan oleh para followers. Dengan begitu seringkali kita mengunggah konten entah itu foto atau video hanya untuk mengesankan mereka, tanpa memikirkan sebenarnya kita menyukainya atau tidak. Lama kelamaan jika dibiarkan terus, kamu bakal susah jadi diri sendiri sebab hanya mementingkan penilaian dari orang lain. 

2. Rentan mendapat komentar miring

wanita sedang sedih
wanita sedang sedih/pexels.com

Jika memiliki banyak followers, ketika meng-upload konten namun tidak sesuai dengan penilaian pengikutmu siap-siap deh mendapat komentar yang mendetail hingga komentar miring. 

Misalnya kamu mengunggah foto dengan gaya dan warna rambut baru, pasti ada saja yang akan nyinyir, bilang gaya rambut tersebut tidak cocok dengan wajahmu, dan berbagai macam komentar detail lainnya. Biasanya para haters-lah yang hobi sekali nyinyir.  

banyak followers
banyak followers/pexels.com

3. Tidak jarang banyak akun spam yang mampir ke medsosmu

Hal negatif selanjutnya dari memiliki banyak followers yaitu tidak jarang banyak akun spam yang mampir di media sosialmu. Setiap mengunggah konten terbaru misalnya ada saja akun spam yang membanjiri kolom komentar,  bahkan men-tagging akunmu sembarangan untuk melakukan promosi. Kadang akun-akun tersebut membuat kita jadi tidak nyaman sendiri. 

4. Kolom komentar jadi ramai dengan berbagai macam akun

media sosial
media sosial/pexels.com

Percaya deh punya banyak followers tidak selamanya enak. Karena akan banyak akun yang berkunjung di media sosialmu. Sehingga setiap kali mengunggah sesuatu, di kolom komentarmu bakal ramai dengan berbagai macam akun mulai dari akun jual beli yang numpang promosi, hingga akun fake yang hobi nyinyir. Alhasil dari akun media sosial yang terlalu ramai tersebut, seringkali membuat informasi penting di dalamnya menjadi tenggelam. 

5. Menjadi sasaran objek bullying

wanita sedih
wanita sedih/pexels.com

Zaman sekarang orang melakukan bullying bisa dari mana saja termasuk lewat media sosial. Kita sering mendengar kasus artis di mana, kehidupannya selalu diatur oleh para followers-nya, apa yang ia lakukan selalu menjadi sorotan orang banyak, hingga menjadi sasaran objek bullying oleh para pengikutnya. Selain itu jika apa yang dilakukan gak sesuai, siap-siap mendapat kata caci maki, dapat ujaran kebencian, hingga memperoleh ancaman atau teror. 

Itu dia lima hal negatif memiliki banyak pengikut di media sosial. Berapa banyak followers di akunmu, manfaatkanlah akun media sosial tersebut secara bijak dan buat kalian para netizen jadilah pengguna media sosial yang sopan. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id