sign up SIGN UP

LIFE

Tetap Termotivasi Untuk Aktif Selama Pandemi, Ini Langkah-langkahnya!

Marly Azwar | Senin, 16 Nov 2020 17:30 WIB
Tetap Termotivasi Untuk Aktif Selama Pandemi, Ini Langkah-langkahnya!
caption
Jakarta -

Ketika kamu dihadapkan sebuah masalah, pasti kamu memiliki pilihan untuk menyelesaikannya. Dari pilihan-pilihan yang tersedia, kamu juga harus menentukan apakah kamu sudah optimis atau masih pesimis bahwa kamu akan melalui masalah yang sedang kamu hadapi.

Sikap yang kamu pilih ini juga tergantung pada mindset serta sudut pandang yang kamu miliki. 

Pandemi ini membuat semua orang terpaksa untuk di rumah saja atau work from home (WFH). Sehingga, semua kegiatan harus dilakukan di rumah, baik bekerja, belajar dan juga beribadah. Namun, hal ini membuat terkadang membuat sebagian besar orang merasa kurang termotivasi dan produktif saat di rumah.

Terlepas dari kamu bekerja secara jauh ataupun masih berangkat kerja ke kantor, hal ini normal jika virus ini berefek pada kesehatan mental kamu. 

Dilansir dari wipjobs, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk tetap termotivasi dan positif untuk terus produktif selama WFH ini. 


1. Atur Ulang Tujuanmu

Tetapkan tujuan jangka pendek yang tidak membebani, tapi tetap membuat kamu bergerak, seperti tantangan selama 14 hari untuk berlari selama 30 menit setiap hari.

2. Batasi Paparan Media Terhadap Dirimu

Paparan media dapat mempengaruhi cara pandang kamu terhadap suatu hal.
news/unsplash.com

Kenapa? Karena jika kamu sering terpapar oleh media, dapat meningkatkan rasa ketakutan dan kecemasan. Mungkin kamu dapat memilih waktu-waktu tertentu ketika ingin mendapatkan berita baru dan pastikan kamu dapat dari sumber yang terpercaya.

3. Menjaga Rutinitas Jika Memungkinkan

Buatlah sebuah rutinitas yang memprioritaskan hal yang kamu suka dan bahkan hal-hal yang selama ini ingin kamu lakukan tetapi belum punya banyak waktu. 

4. Terhubung dengan Keluarga dan Teman

Terhubung dengan teman dapat membuat kamu aktif selama pandemi.
connected with friends/unsplash.com

Menjadi kreatif ketika berinteraksi. Carilah teman untuk mengobrol dan membuat sebuah kegiatan secara berkala. 

5. Tetap Aktif Secara Fisik

Ikuti olahraga yang ada di online, berdiri tegak, bermeditasi, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk mendukung agar tetap aktif secara fisik di rumah.

6. Mengkonsumsi Makanan Bergizi dan Menjaga Diri Kamu Tetap Terhidrasi

Makanan yang bergizi akan menjaga sistem imunitas tubuh kamu.
nutritious food/unsplash.com

Makanan yang bernutrisi sangat krusial untuk kesehatan, terutama di waktu seperti sekarang di mana kamu harus memiliki sistem imun yang kuat untuk melawannya.

7. Mencari Dukungan Tambahan Jika Diperlukan

Kamu tidak perlu takut atau malu untuk menghubungi salah satu teman untuk hal ini. Ingatlah bahwa yang terpenting adalah untuk tetap sehat.

8. Tonton Video atau Film yang Lucu

Hal ini dilakukan agar kamu pikiran kamu tetap positif.

9. Jagalah Tetanggamu

Menjaga tetangga mu akan membuat mereka merasa aman.
connected with friends/unsplash.com

Dengan menjaga dan memeriksa mereka (dengan menjaga jarak, pastinya) akan membuat mereka merasa lebih baik.

10. Lakukan Tindakan Kebaikan Secara Acak

Menulis review buku yang tidak diminta untuk teman kamu yang merupakan penulis, mengomentari postingan kolega di LinkedIn, mengirim surat kepada seseorang yang kamu sukai, dan lain-lain. Pikirkan tentang mereka yang bisa mendapatkan keuntungan dari kemurahan hati kamu dan kemudian bertindak.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id