sign up SIGN UP

Tips Ampuh Atasi Bibir Kering Selama Puasa

ira syafira | Selasa, 13 Apr 2021 19:30 WIB
Tips Ampuh Atasi Bibir Kering Selama Puasa
caption
Jakarta -

Saat sedang menjalankan ibadah puasa seringkali bibir terasa lebih kering. Hal tersebut sering terjadi karena kelenjar minyak di area bibir semakin berkurang. Sehingga, tidak jarang persoalan ini dialami oleh umat muslim baik perempuan maupun laki-laki sekalipun.

Biasanya, bibir kering bisa membuat seseorang tidak nyaman ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Maka dati itu, kamu bisa mencari jalan untuk merawat bibir kamu selama berpuasa dan berusaha untuk menjadikannya tetap lembab. Sebetulnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk kondisi bibir kering saat berpuasa. Cara ini akan menghindarkan bibir kamu dari pecah-pecah dan kering selama seharian.

Penasaran bagaimana cara-caranya, yuk kita simak bersama!

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

foto: Konsumsi air putih/freepik.com
foto: Konsumsi air putih/freepik.com

Mengonsumsi air putih yang cukup selama berpuasa merupakan satu hal yang cukup penting. Pasalnya, selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, hal ini juga membantu mencegah bibir menjadi kering.

Untuk takarannya, dalam satu hari seseorang mengonsumsi minimal 8 gelas air putih. Kamu bisa membagi dengan pola 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur. Dengan ini, tubuhmu akan terhidrasi dan bibir tidak akan terasa kering.

2. Olesi Bibir dengan Madu Sebelum Makan Sahur

foto: Oleskan madu ke bibir/freepik.com
foto: Oleskan madu ke bibir/freepik.com

Madu memang menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi bibir kering ketika berpuasa. Madu sendiri sudah terbukti ampuh untuk menjaga kelembapan kulit, termasuk area bibir.

Cara sederhanaya, kamu bisa mengoleskan cairan madu ini ke bibir sesaat sebelum makan sahur, kemudian basuh ketika sudah memasuki waktu imsak. Jangan mencoba untuk menggunakannya di siang hari, karena hal tersebut bisa saja membatalkan puasamu.

3. Kurangi Minuman Berkafein

foto: Kurangi minuman kafein/id.pinterest.com
foto: Kurangi minuman kafein/id.pinterest.com

Kebanyakan orang sering menganggap konsumsi teh atau kopi saat sahur adalah hal yang wajar. Namun, hal ini malah akan membuat bibir menjadi kering selama berpuasa.

Kandungan kafein dalam jenis minuman tersebut dapat menimbulkan rasa haus ketika kita meminumnya. Nah, efek haus atau dehidrasi inilah yang membuat bibir menjadi kering bahkan pecah-pecah. Jadi, kurangi atau sebisa mungkin tahan untuk mengonsumsi minuman berkafein selama bulan puasa.

4. Perbanyak Asupan Sayur dan Buah

foto: Perbanyak konsumsi sayur buah/id.pinterest.com/camillestyles
foto: Perbanyak konsumsi sayur buah/id.pinterest.com/camillestyles

Konsumsi sayur dan buah saat sahur atau berbuka tentu akan baik untuk Kesehatan. Terlebih, buah-buahan yang dipilih mengandung banyak cairan seperti buah semangka, melon, jeruk, stroberi, dan lainnya. Utamakan yang mengandung vitamin C di dalamnya.

Karena, Buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin C akan membantu mencegah bibir kering dan malah meningkatkan kelembapannya di siang hari ketika berpuasa.

5. Oleskan Mentimun Saat Sahur dan Berbuka

foto: Oleskan mentimun ke bibir/freepik.com
foto: Oleskan mentimun ke bibir/freepik.com

Mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sayuran ini juga kaya akan nutrisi lain seperti Vitamin C dan E. Kedua vitamin tersebut dapat digunakan untuk mencegah bibir kering ketika berpuasa.

Caranya, kamu bisa mengiris mentimun secukupnya kemudian rendam di dalam air dingin. Lalu kamu bisa mengoleskan di bibir saat sahur atau berbuka. Selain itu, ada cara lain juga yang dilakukan dengan memarut mentimun kemudian diratakan ke permukaan bibir. Keduanya memiliki manfaat yang sama, yaitu mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

6. Oleskan Lip Balm Setiap Hari

foto: Oleskan lip balm setiap hari/freepik.com
foto: Oleskan lip balm setiap hari/freepik.com

Nah, untuk yang satu ini tentu bertujuan agar bibir tetap lembap ketika beraktivitas. Hanya dengan mengoleskannya pada bibir, maka masalah bibir kering saat puasa akan terhempas seketika. Tapi, pastikan untuk menggunakan lip balm yang tidak beraroma dan memiliki rasa, ya.

Pilihlah lip balm yang mengandung banyak minyak alami serta SPF di dalamnya. SPF ini akan bertugas melindungi bibir dari kekeringan akibat paparan sinar matahari serta keringnya cuaca di luar.

7. Hentikan Kebiasaan Membasahi Bibir

foto: Hentikan menjilat bibir kering/freepik.com
foto: Hentikan menjilat bibir kering/freepik.com

Kebiasaan satu ini menjadi salah satu hal yang paling sulit dihindari ketika seseorang memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena dengan membasahi atau menjilat bibir yang kering akan membuatnya Kembali lembap.

Namun ternyata hal demikian adalah cara yang salah. Membasahi bibir malah akan membuat bibir kering lebih cepat, karena air liur itu mengandung asam. Sehingga, bibir hanya akan lembap sementara dan akan lebih kering setelah kamu menjilatnya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id