sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

10 Kesalahan Orang Tua Baru yang Sering Dilakukan Saat Menidurkan Bayi

Retno Wulandari | Kamis, 15 Apr 2021 09:00 WIB
10 Kesalahan Orang Tua Baru yang Sering Dilakukan Saat Menidurkan Bayi
caption

Bagi orang tua baru, banyak hal yang harus diperhatikan saat merawat bayi, khususnya saat menidurkannya. Yup, meskipun sepele, ternyata menidurkan bayi bukanlah pekerjaan yang mudah untuk orang tua baru lho.

Ada 10 kesalahan orang tua baru saat menidurkan bayi. Penasaran apa saja? Berikut rangkumannya!

1. Melewatkan tanda-tanda bayi ingin tidur

10 Kesalahan Orang Tua Baru Saat Menidurkan Bayi
Foto: Baby/freepik.com

Kesalahan orang tua baru yang pertama adalah sering melewatkan tanda-tanda bayi ingin tidur. Ketika mulai mengantuk, si kecil akan memberikan isyarat. Nah, isyarat inilah yang harus dikenali dan ditanggapi dengan cepat agar si kecil tidak menangis dan rewel berjam-jam.

2. Tidak menggunakan alat bantu mesin suara

Selain mengingatkan bayi pada suara di dalam rahim, mesin suara juga berfungsi untuk menetralkan semua kebisingan di rumah lho. Mesin suara yang bekerja di kamar bayi juga memudahkan para orang tua baru untuk memeriksa si kecil saat tertidur tanpa membuatnya terbangun. Menurut Dr. Harvey Karp, penulis ‘Happiest Baby on the Block’, volume yang aman untuk bayi adalah sekitar 65-70 desibel, yang merupakan bunyi pancuran air.

3. Terlalu banyak stimulasi

10 Kesalahan Orang Tua Baru Saat Menidurkan Bayi
Foto: Baby/freepik.com

Terlalu banyak stimulasi yang dialami oleh si kecil dapat memberikan dampak buruk pada tidurnya. Beberapa hal, seperti suara TV, suara orang mengobrol, dan suara bising di tempat umum, merupakan contoh yang dapat menyebabkan bayi mengalami susah tidur. Tapi jangan khawatir, hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi banyaknya stimulasi yang dialami oleh si kecil adalah mematikan TV dan mematikan lampu.

4. Tidak membedong dengan benar

Faktanya, jika si kecil dibedong dengan benar dapat membuatnya nyaman dan cepat tenang. Sebaliknya, jika bedong yang dilakukan tidak benar, maka membuat si kecil merasa tidak nyaman dan rewel. Untuk menghindari kesalahan ini, para orang tua baru disarankan untuk memilih produk bedong yang instan dan disesuaikan dengan ukuran tubuh si kecil.

5. Asupan makanan tidak cukup di siang hari

10 Kesalahan Orang Tua Baru Saat Menidurkan Bayi
Foto: Baby/freepik.com

Umumnya bayi yang baru lahir harus diberikan ASI setiap 3 jam sekali atau bahkan 2 jam sekali. Oleh karena itu, hindari membiarkan bayi tidur terlalu lama di siang hari dan pastikan si kecil mengonsumsi ASI setiap 2-3 jam di siang hari.

Untuk si kecil yang lebih tua dan pemberian makan malam "sesuai permintaan", para orang tua baru disarankan untuk memberi makan setidaknya setiap 3 jam di siang hari untuk membantunya tidur lebih lama di malam hari.

6. Porsi tidur siang tidak mumpuni

10 Kesalahan Orang Tua Baru Saat Menidurkan Bayi
Foto: Baby/freepik.com

Jika bayi tidur lebih nyenyak di siang hari, maka di malam hari ia juga akan tidur lebih nyenyak. Kuncinya adalah bayi mendapat cukup makanan di siang hari. Karena setiap anak bervariasi, para orang tua dianjurkan untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan tidur bayi, seperti 60-90 menit atau jendela bangun.

Mau tahu tips lainnya? KLIK DI SINI untuk informasi selengkapnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id