sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Fakta Menarik tentang Anak Kembar yang Harus Kamu Tahu

Rumaysha Milhania | Minggu, 20 Sep 2020 20:00 WIB
5 Fakta Menarik tentang Anak Kembar yang Harus Kamu Tahu
caption
Jakarta -

Tidak hanya lucu dan menggemaskan, anak kembar juga memiliki banyak fakta menarik. Yuk, simak ulasan tentang fakta menarik seputar anak kembar berikut ini!

1. Anak Kembar Identik Tidak punya Sidik Jari yang Sama

Kamu mungkin berpikir bahwa karena anak-anak kembar identik diduga memiliki DNA yang hampir sama, sidik jari mereka juga pasti sama. Itu tidak benar. Faktanya, sidik jari tidak hanya dibuat berdasarkan DNA. Ketika bayi kembar identik tumbuh dalam kandungan, mereka akan tumbuh dengan sidik jari yang sama. Namun, memasuki minggu keenam hingga 13 kehamilan, saat bayi mulai bergerak, mereka masing-masing menyentuh kantung ketuban. Biasanya, tonjolan dan garis unik di tangan mereka menghasilkan sidik jari yang berbeda.

Faktanya, sidik jari tidak hanya dibuat berdasarkan DNA.
Anak Kembar/ Sumber: Freepik.com

2. Tampilan Mirror Anak Kembar Identik Memiliki Fitur Asimetris Terbalik

Sekitar 25 persen dari anak-anak yang kembar identik tumbuh dan berkembang dengan tampilan yang sama dengan fitur wajah yang sama persisi. Namun, tanpa disadari mereka menampilkan cerminan dengan fitur yang asimetris terbalik. Ini dapat berarti memiliki tanda lahir di sisi berlawanan dari tubuh mereka atau memiliki lingkaran rambut yang berputar ke arah yang berlawanan.

3. Kembar Identik Tidak Selalu Memiliki Genetik yang Sama

Meskipun kembar identik berasal dari satu telur yang telah dibuahi yang berisi satu set instruksi genetik, masih ada kemungkinan untuk anak kembar identik untuk memiliki perbedaan serius dalam susunan genetiknya. Biasanya, setiap manusia membawa dua salinan dari setiap gen yang diwarisi dari setiap orang tua, di sinilah mungkin akan terjadi perbedaan gen pada anak kembar identik.

Meskipun kembar identik berasal dari satu telur yang telah dibuahi yang berisi satu set instruksi genetik, masih ada kemungkinan untuk anak kembar identik untuk memiliki perbedaan serius dalam susunan genetiknya.
Anak Kembar/ Sumber: Freepik.com

4. Wanita yang Tinggi Lebih Mungkin Memiliki Anak Kembar

Wanita yang lebih tinggi memiliki lebih banyak insulin-like growth factor (IGF), yaitu protein yang dilepaskan dari hati sebagai respons terhadap hormon pertumbuhan yang merangsang pertumbuhan batang tulang yang lebih panjang. Memiliki tingkat IGF yang lebih tinggi menyebabkan peningkatan sensitivitas ovarium, sehingga meningkatkan peluang wanita untuk berovulasi. Itu berarti, ia memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak kembar.

5. Anak Kembar Berinteraksi Satu Sama Lain dalam Kandungan

Seorang peneliti di Umberto Castiello dari Universitas Padova di Italia mempelajari video 3D bayi kembar di dalam kandungan. Pada usia kehamilan 14 minggu, anak kembar terlihat saling menggapai. Pada usia 18 minggu, mereka lebih sering menyentuh satu sama lain daripada menyentuh tubuh mereka sendiri. Ini dapat berarti mereka sedang berinteraksi satu sama lain sejak dalam kandungan.

Memiliki tingkat IGF yang lebih tinggi menyebabkan peningkatan sensitivitas ovarium, sehingga meningkatkan peluang wanita untuk berovulasi. Itu berarti, ia memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak kembar.
Anak Kembar/ Sumber: Freepik.com

Bagaimana, menarik bukan fakta tentang anak kembar ini?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id