sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ingin Punya Anak Kembar? Ini Trik yang Bisa Dilakukan

Rumaysha Milhania | Selasa, 30 Jun 2020 14:00 WIB
Ingin Punya Anak Kembar? Ini Trik yang Bisa Dilakukan
Hamil bayi kembar/ Sumber: Pexels.com

Kehamilan kembar

Banyak orang mendambakan kehadiran anak kembar. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari keinginan memiliki dua anak sekaligus dalam satu waktu hingga mendambakan kehebohan saat mendandani dua anak kembar yang manis dan lucu. Apabila salah satu dari suami dan istri memiliki riwayat keluarga kembar, mungkin memiliki anak kembar bukanlah hal yang mustahil. Namun, akan berbeda dengan mereka yang tidak pernah memiliki riwayat kembar sama sekali.

Kehamilan di usia yang lebih tua meningkatkan peluang hamil anak kembar.
Kehamilan kembar/ Sumber: Pexels.com

Bagaimana hamil kembar terjadi?

Jika kamu ingin meningkatkan peluang untuk hamil bayi kembar, maka penting untuk memahami bagaimana kehamilan kembar terjadi.

Terdapat dua jenis kembar, yaitu kembar identik dan tidak identik.
Anak kembar/ Sumber: Pexels.com

Terdapat dua jenis kembar, yaitu kembar identik dan tidak identik. Kembar identik atau monozigot terbentuk ketika satu sel telur yang telah dibuahi oleh satu sperma membelah menjadi dua embrio terpisah. Masing-masing memiliki komponen genetik yang sama persis dan struktur genetik yang identik. Selain itu, kembar identik biasanya juga akan berbagi plasenta selama dalam kandungan.


Kembar non-identik atau dizigotik merupakan kehamilan kembar dari dua sel telur terpisah yang dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda. Kembar jenis ini tidak memiliki komposisi genetik kurang lebih sama seperti saudara kandung dengan orang tua yang sama. Selain itu, bayi dalam kehamilan kembar yang tidak identik biasanya akan memiliki plasenta sendiri.

Kehamilan kedua dan seterusnya bisa meningkatkan peluang hamil anak kembar.
Ibu hamil/ Sumber: Pexels.com

Bagaimana cara meningkatkan peluang untuk memiliki anak kembar?

  • Kehamilan di usia yang lebih tua dapat memungkinkan kehamilan kembar. Kehamilan yang terjadi tepat sebelum seorang wanita memasuki peri-menopause, dapat memungkinkan terjadinya kehamilan kembar. Pasalnya, indung telurnya mulai melepaskan lebih dari satu sel telur setiap bulan. Peningkatan kesuburan ini juga dipengaruhi oleh lonjakan estrogen. Namun, ini hanya berlaku untuk kembar non-identik.
  • Melakukan perawatan kesuburan seperti fertilisasi in vitro atau minum obat kesuburan. Cara ini dapat merangsang ovarium untuk mengeluarkan lebih dari satu folikel ovarium setiap bulannya saat menuju kematangan. Dengan begitu, akan ada lebih dari satu telur yang dilepaskan.
  • Memiliki beberapa anak sebelumnya dapat meningkatkan peluang untuk hamil kembar. Wanita yang sebelumnya memiliki bayi memiliki peluang lebih tinggi untuk hamil anak kembar.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai kehamilan kembar. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id