sign up SIGN UP

Benarkah Mainan Bisa Membantu Tumbuh Kembang Anak? Dr. Mesty Ariotedjo Katakan Hal Ini...

Rini Apriliani | Minggu, 12 Sep 2021 21:00 WIB
Benarkah Mainan Bisa Membantu Tumbuh Kembang Anak? Dr. Mesty Ariotedjo Katakan Hal Ini...
Foto: Benarkah Mainan Bisa Membantu Tumbuh Kembang Anak? Dr. Mesty Ariotedjo Katakan Hal Ini/Freepik.com/freepic-diller
Jakarta -

Bermain menjadi aktivitas favorit anak-anak. Selain menyenangkan, bermain juga dapat membantu tumbuh kembang anak.

Sayangnya, kini banyak orangtua yang melewatkan waktu bermain bersama anak. Apalagi di masa Work From Home (WFH) saat ini. Walau berada di rumah, banyak dari mereka yang tidak memiliki waktu untuk berbagi, bercerita, dan bermain bersama.

Padahal bermain bersama dapat membangun ikatan emosional antara orangtua dan anak. Hal ini disampaikan langsung oleh dr. Mesty Ariotedjo, spA. Ia mengatakan jika bermain adalah aktivitas penting bagi anak, dimana banyak studi pun telah menunjukkan jika bermain adalah cara efektif untuk mengoptimalkan perkembangan anak.

kampanye #ELCMainSamaAnakkampanye #ELCMainSamaAnak/ Foto: Doc. Early Learning Centre

Sejalan dengan ini, Early Learning Centre sebagai gerai retail yang menyediakan mainan edukatif untuk anak, mencetuskan kampanye #ELCMainSamaAnak. Kampanye ini dilatarbelakangi oleh banyaknya orangtua dengan kesibukan tinggi dan kurangnya edukasi seputar pentingnya meningkatkan bonding dengan anak melalui bermain bersama. 

"Kami kembali ingin mengajak para orang tua untuk dapat meluangkan waktunya bermain bersama si kecil dan mengerti the Power of Play melalui kampanye #ELCMainSamaAnak. Kami juga menghadirkan rangkaian koleksi mainan edukasi berkualitas yang dibutuhkan untuk bermain bersama. Ketika orang tua dan anak bermain bersama akan memberikan manfaat besar untuk tumbuh kembang mereka seperti meningkatkan kreativitas, imajinasi, dan membantu anak belajar bersosialisasi dan meningkatkan kecerdasan anak," ujar Mohit Nigam selaku Brand General Manager Early Learning Centre Indonesia, Kamis (9/9).

kampanye #ELCMainSamaAnakkampanye #ELCMainSamaAnak/ Foto: Doc. Early Learning Centre

Selain mengetahui pentingnya bermain bersama anak, kamu juga perlu tahu jika saat memberikan permainan untuk anak tidak boleh asal ataupun sembarangan lho! Sebagai orangtua, kita harus tahu betul mainan yang sesuai dengan usia dan minat anak.

Jangan berikan anak permainan yang terlalu mudah atau terlalu susah. Pemilihan permainan ini perlu disesuaikan dengan kebutuhannya.

"Penting untuk para orangtua dan pendidik, untuk memberikan mainan yang pas. Jangan terlalu mudah dan jangan terlalu susah. Kalau terlalu mudah nanti jadi tidak optimal. Tapi kalau terlalu susah, nanti anak jadi stres. Maka, sesuaikan jenis mainan anak sesuai dengan usianya," jelas dr. Mesty.

kampanye #ELCMainSamaAnakkampanye #ELCMainSamaAnak/ Foto: Screenshoot Website Resmi ELC

Nah, untuk Moms yang masih bingung perihal mainan apa sih yang cocok untuk anak usia segini-segini, bisa lho menengok website resmi Early Learning Centre Indonesia. Sebab, ELC menawarkan banyak permainan menarik yang dapat mengatasi berbagai macam kebingunganmu.

Ada permainan berdasarkan usia mulai dari 0-3 bulan sampai usia 4+ tahun, ada permainan berdasarkan minatnya, dan berbagai jenis permainan lain yang dapat membantu perkembangan anak. Harga yang ditawarkan bervariasi, kamu dapat membelinya sesuai kebutuhan ya. Nggak harus selalu yang mahal kok, yang terpenting bermanfaat bukan?

Di akhir, dr. Mesty juga mengingatkan jika bermain dengan anak bukan hanya menjadi tugas seorang Ibu, tetapi Ayah juga harus turut terlibat di dalamnya. WFO dan Unicef pun mengimbau untuk orang tua setidaknya dapat meluangkan waktu terbaik minimal 30 menit per anak, per hari untuk menghabiskan waktu dan bermain bersama.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id