sign up SIGN UP

Mudah Saja Kok! Inilah 5 Cara Tepat Mendidik Sang Buah Hati Agar Terbentuk Pribadi yang Baik

Octavia Tunggal Dewi | Kamis, 19 Aug 2021 22:00 WIB
Mudah Saja Kok! Inilah 5 Cara Tepat Mendidik Sang Buah Hati Agar Terbentuk Pribadi yang Baik
caption

Orangtua berperan besar dalam tumbuh kembang seorang anak. Cara orangtua mendidik buah hati saat ini, dapat berdampak pada perilaku dan kepribadiannya di kemudian hari.

Maka dari itu, cara didik yang salah dapat berdampak pada perkembangan psikologinya, seperti menjadi sosok emosional, lemah lembut, kasar, lemah, dan lain sebagainya. Berikut beberapa tips yang tepat untuk mendidik anak. Simak selengkapnya di sini yuk, Beauties!

1. Mengajari Anak untuk Bertanggung Jawab

Mengajari anak untuk bertanggung jawab
Bertanggung Jawab/Foto: Freepik.com/Our-team

Membiarkan anak untuk belajar bertanggung jawab bahwa setiap tindakan yang diambil memiliki konsekuensinya. Sehingga ia akan belajar berhati-hati dalam mengambil langkah dan berani bertanggung jawab dengan apa yang menjadi pilihannya.

2. Memberikan Motivasi dan Hadiah

Memberikan motivasi dan hadiah kepada anak
Motivasi dan Hadiah/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Hadiah dapat memberi dampak positif dan negatif bagi anak. Hadiah dapat menolong orangtua dalam membentuk perilaku anak, tetapi hadiah juga dapat menjerumuskan anak karena mereka hanya melakukan sesuatu dengan tujuan hadiahnya saja. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakan hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap anak.

3. Memuji Anak

Memuji anak
Memuji Anak/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Memujji anak dapat menjadi cara ampuh dalam membentuk perilaku anak, karena anak akan merasa senang karena diakui oleh orang tua. Namun, jangan memuji terlalu berlebihan. Memuji anak sesuai dengan apa yang dilakukan seperti “wah anak bunda keren banget udah bisa bantu bunda masak” akan membuat anak merasa bahagia karena telah apa yang dilakukannya telah diapresiasi.

4. Jangan Membentak dan Memukul

Ibu memarahi anak
Memarahi anak/Foto: Freepik.com/Master1305

Memarahi anak karena kesalahan memanglah wajar, tetapi jangan sampai membentak dengan nada keras dan memukulnya. Pasalnya hal ini akan berdampak langsung pada karakter sang anak.

Mungkin nanti karakter anak akan menjadi seseorang yang mudah marah, berbicara dengan nada tinggi, dan mudah emosi terhadap sesuatu. Jadi, marahi anak dengan mengingatkan secara halus dan berikan hukuman ringan yang wajar tanpa berlebihan.

5. Ajari untuk Belajar Hemat

Anak menabung
Menabung/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Kebiasaan mengajari anak berhemat adalah ajaran positif untuk membekali anak dengan pemahaman praktis seputar hidup hemat di masa depan. Namun peran orangtua sangat menentukan pertumbuhan anak dalam mengelola uang. Jadi, anak dapat belajar hemat dan tidak boros dalam menggunakan uang.

Nah Beauties, tata cara mendidik anak memanglah penting untuk membentuk karakter buah hati. Jadi, jangan sampai salah mendidik karena akan berdampak terhadap karakter dan perilaku buah hati. Tanamkan hal-hal positif demi menciptakan kepribadian yang baik bagi buah hati nantinya. Semoga bermanfaat ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id