sign up SIGN UP

Calon Bunda Mesti Tahu, Ini Lho Daftar Barang Bayi yang Sebenarnya Nggak Perlu Dibeli

Octaviani | Sabtu, 21 Aug 2021 07:00 WIB
Calon Bunda Mesti Tahu, Ini Lho Daftar Barang Bayi yang Sebenarnya Nggak Perlu Dibeli
Perlengkapan bayi yang tidak perlu dibeli/freepik.com

Mempersiapkan keperluan bayi yang akan lahir ke dunia memang seru, ya. Supaya tidak bingung, sebaiknya kamu perlu menulis daftar apa saja barang yang akan dibeli. Namun, calon orangtua baru biasanya memiliki kecenderungan untuk membeli banyak barang untuk si kecil.

Padahal, perlu diketahui ada juga beberapa perlengkapan newborn yang sebenarnya tidak diperlukan oleh si kecil meski sekarang masih banyak yang menjualnya.

Supaya lebih bijak dan nggak mubazir, yuk simak daftar perlengkapan bayi apa saja sih yang tidak perlu dibeli saat mempersiapkan kelahiran si buah hati.

1. Gurita Bayi

Beberapa dokter saat ini sudah menganjurkan agar bayi baru lahir tidak lagi diberi gurita, yang justru berisiko mengganggu pernapasan mereka. Kebiasaan dipakaikan gurita itu sendiri merupakan 'warisan' turun temurun yang menganggap bisa mengempiskan pusar bodong. Meski begitu dari sisi medis, tidak ada kaitannya.

"Otot dada dan perut bayi kan masih lemah, pertumbuhannya belum sempurna. Jika dibebat dan dililit seperti gurita itu nanti bisa menyebabkan bayi sesak napas bahkan sampai meninggal dunia," kata dr Marissa Tania S. Pudjiadi, Sp.A yang praktik di RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur, seperti dikutip dari detikHealth.

2. Changing Table

Changing table merupakan meja khusus untuk memandikan, mengganti popok, dan tempat memakai pakaian pada bayi. Namun sepertinya barang ini tak perlu dibeli, Beauties.

Selain harganya yang cukup mahal, kamu bisa menggunakan tempat tidur dengan alas seprai atau selimut lembut untuk alas mengganti popok bayi.

Changing table
Changing table/pinterest.com/slumberkins

3. Banyak Sepatu dan Sarung Tangan

Sepatu bayi yang warna-warni memang lucu, dan kamu mungkin sudah terbayang ingin memakaikan sepatu dan pakaian pada si kecil yang matching. Meski begitu, sebenarnya bayi belum membutuhkan sepatu, lho. Ya, ia belum bisa berjalan sendiri dan tumbuh kembang bayi yang cepat justru berakhir dengan tak terpakainya sepatu-sepatu yang sudah kamu beli dalam jumlah banyak itu. Untuk itu, lebih baik punya 1-2 pasang saja.

Nah, barang berikutnya adalah sarung tangan bayi. Tahukah kamu, penggunaan sarung tangan pada bayi bisa mengganggu keterampilan motorik dan sensoriknya, lho! Selain itu, memicu pertumbuhan jamur dan kuman karena sarung tangan yang diemut si kecil.

Untuk itu, lebih baik punya 1-2 pasang saja dan pakaikan saat cuaca dingin dan ingat, jangan terlalu lama ya.

Ilustrasi kaki bayiIlustrasi kaki bayi/ Foto: dok.HaiBunda

4. Baby Food Maker

Baby food maker biasanya digunakan untuk membuat makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, sebenarnya tidak perlu membeli alat ini, karena kamu bisa memanfaatkan peralatan masak yang sudah ada di dapur, untuk melembutkan makanan bayi. Misalnya dengan sendok, saringan, juga blender, tanpa mengurangi rasa serta manfaatnya.

5. Bouncer & Baby Walker

Penggunaan bouncer rupanya tidak disarankan untuk bayi, karena ia belum bisa menopang kepalanya dengan baik. Bouncer itu sendiri merupakan kursi goyang yang biasanya digunakan untuk menenangkan bayi yang lagi rewel. Hal ini justru beresiko si kecil mengalami cedera serta sesak napas. Bouncer biasanya digunakan untuk bayi yang sudah bisa duduk.

Selanjutnya ada baby walker yang masih banyak dijual karena bisa membantu bayi berdiri dan berjalan. Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia, hal ini tidak ada kaitannya. Sebaliknya, malah bisa membuat si kecil jadi malas berjalan.

Untuk itu dalam melatih bayi belajar berjalan, lebih baik dilakukan secara natural dengan bantuan orang tua di sekitarnya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id