sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Calon Moms, Yuk Siapkan Budget Lahiran! Simak 5 Trik Cerdasnya Berikut Ini

Izzul Millati Umami | Rabu, 27 Jan 2021 09:30 WIB
Calon Moms, Yuk Siapkan Budget Lahiran! Simak 5 Trik Cerdasnya Berikut Ini
caption
Jakarta -

Ladies, menantikan kelahiran anak dalam kehidupan rumah tangga adalah hal yang paling dinantikan. Yups, hadirnya anak akan memberi warna baru dalam berumah tangga. Salah satu hal yang harus dipersiapkan saat persalinan adalah biaya. Jika pada masa kehamilan saja ladies harus mengeluarkan budget untuk memeriksakan kandungan, dan lain-lain. Maka, untuk biaya persalinan pun harus dipersiapkan dengan baik.

Biaya persalinan bukan hanya membayar biaya kamar, tapi juga meliputi biaya perawatan pasca lahiran, biaya persalinan normal atau operasi caesar, biaya rawat inap ibu dan bayi, biaya vacuum, dan lain-lain. Namun, jangan khawatir ladies bisa menyiapkan budget lahiran mulai sekarang untuk menutupi biaya persalinan. Yuk simak! trik menyiapkan budget lahiran:

Menabung Sedini Mungkin

tabungan
tabungan/sumber:pixabay.com

Anggaran biaya kelahiran anak bisa disiapkan dengan cara menabung sedini mungkin. Dengan menabung ladies bisa berinvestasi untuk budget kelahiran. Caranya cukup mudah yakni dengan menyisihkan uang dari 20 persen penghasilan dan menerapkan gaya hidup hemat. Menabung memang sangat penting ladies salah satunya dapat meringankan budget lahiran.

Memilih Tempat Lahiran

tempat lahiran
tempat lahiran/sumber:pixabay.com

Sebelum memilih tempat lahiran, harapnya ladies sudah men-survei tempat melahirkan dengan harga miring. Bila kondisi ibu dan bayi dalam keadaan baik, ladies bisa memutuskan untuk melahirkan di bidan. Namun, bila ada masalah pada kondisi kandungan, maka ladies sebaiknya lebih memilih rumah sakit demi keselamatan.

Biaya melahirkan di bidan jauh lebih murah dari pada rumah sakit. Masing-masing tempat mematok harga yang bervariasi. Jadi, mulailah survei tempat melahirkan terkait biaya persalinan di masing-masing tempat yang sesuai dengan budget yang ladies punya.

Manfaatkan Asuransi

asuransi
asuransi/sumber:pixabay.com

Apakah ladies memiliki asuransi? Jika ladies memilikinya, jangan sia-siakan untuk menggunakannya. Banyak orang yang telah terbantu oleh asuransi seperti BPJS sehingga meringankan biaya lahiran, bahkan gratis. Jangan lupa untuk memastikan tempat persalinan telah menjalin kerjasama dengan BPJS, sistem mekanisme-nya, dan lain-lain.

Manfaatkan Tunjangan Kelahiran Anak

kelahiran anak
kelahiran anak/sumber:pixabay.com

Apabila ladies seorang karyawan, coba tanyakan tentang besaran tunjangan kelahiran anak. Hal ini sangat penting, ladies karena dapat menekan biaya lahiran. Tunjangan  biaya kelahiran kantor di tiap perusahaan berbeda-beda ada, bahkan ada perusahaan yang memberikan tunjangan kelahiran anak hingga 75 persen.

Hindari Hutang

Banyak orang yang putus asa karena tak memiliki biaya yang cukup untuk budget lahiran. Jalan keluarnya, mereka memilih berhutang demi menutupi biaya persalinan dengan menggunakan pinjaman dari bank, hingga penggunaan kartu kredit.

Namun, untuk budget lahiran usahakan tidak meminjam uang, tapi bila memang dalam kondisi terdesak boleh saja. Untuk mencegahnya, ladies bisa menabung untuk persiapan budget lahiran.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id