sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Dear Mama Muda, Teh Herbal Ini Punya Manfaat Buat si Kecil Lho!

Nubira Maisty | Jumat, 11 Jun 2021 07:00 WIB
Dear Mama Muda, Teh Herbal Ini Punya Manfaat Buat si Kecil Lho!
Foto: Bayi Tidur Nyenyak/pexels.com

Teh herbal rooibos merupakan teh yang memiliki rasa manis alami, aromatik, dan dapat dinikmati sebagai minuman panas maupun dingin. Teh ini memiliki banyak sekali manfaat apabila dikonsumsi secara rutin.

TapiĀ apakah manfaat tersebut hanya bisa dirasakan oleh penikmat teh rooibos pada usia dewasa? Bagaimana dengan balita dan bayi, apakah aman dan manfaatnya sama dengan orang dewasa?

Untuk tahu jawabannya, simak di bawah ini ya!

1. Menjaga Bayi Terhidrasi

Nutrisi bayi wajib terpenuhi agar bayi selalu sehat.
Bayi yang Sehat/Sumber: Pexels.com

Ketika musim panas datang, biasanya bayi dan balita membutuhkan sedikit hidrasi ekstra, teh rooibos adalah salah satu solusinya. Antioksidan polifenol, yang meliputi flavonoid dan asam fenolik, dalam teh rooibos telah diteliti dapat membantu mempercepat rehidrasi.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Umumnya, bayi akan segera tertidur ketika dirinya sudah merasa kenyang dan tenang.
Bayi Tertidur Lelap/Sumber: Pexels.com

Kandungan magnesium dan kalsium pada teh rooibos dapat membantu memberikan tidur yang lebih baik untuk bayi dan balita. Selain itu, kandungan nol persen kafein pada teh rooibos dapat membantu bayi dan balita lebih rileks.

3. Menenangkan Pertumbuhan Gigi Bayi dan Balita

Pada umumnya bayi akan tumbuh gigi pada usia 9 bulan.
Bayi yang Belum Memiliki Gigi/Sumber: Pexels.com

Teh rooibos juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi. Kedua senyawa ini dapat membantu menenangkan bayi dan balita ketika mereka merasakan ketidaknyamanan pertumbuhan gigi.

Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengkreasikan dengan cara membekukan teh rooibos hingga menjadi sebuah es tangkai. Cara ini mungkin akan lebih efektif diterapkan ke balita sehingga mereka pun akan lebih tertarik untuk mengonsumsinya. Selain itu, rasa dingin pada es mampu memberikan efek relaksasi yang ekstra agar mereka bisa lebih tenang dalam menghadapi masa-masa pertumbuhan gigi.

4. Melawan Obesitas

Saat ini CDC melaporkan bahwa tingkat obesitas pada anak antara 2-19 tahun mencapai 18,5%, atau sekitar 13,7 juta anak. Sementara angkanya meningkat seiring bertambahnya usia anak, untuk anak-anak antara 2-5 tahun jumlahnya masih sekitar 13,9%.

Kandungan nol kalori pada teh rooibos dapat membantu mempercepat proses metabolism. Jumlah antioksidan yang tinggi pada teh ini juga dapat meningkatkan kadar leptin yang dapat membantu pengelolaan berat badan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id