sign up SIGN UP

Dear Orangtua, Ini 5 Cara Bijak Hadapi Anak yang Kelewat Nakal

Ruhil Anadiah Sabrina | Sabtu, 24 Jul 2021 11:15 WIB
Dear Orangtua, Ini 5 Cara Bijak Hadapi Anak yang Kelewat Nakal
caption

Para orangtua pasti sangat gemas saat menghadapi anak yang sulit diatur dan nakal. Meskipun masih usia anak-anak kebiasaan tersebut harus segera diatasi agar tidak terbawa saat besar nanti. Sebab orangtua pasti berharap anaknya tumbuh menjadi sosok yang baik dan penurut.

Namun tenang jangan langsung marah-marah menghadapi si kecil, karena kita butuh kesabaran dalam mendidiknya. Selain itu jangan pernah menggunakan cara kekerasan seperti mencubit atau menjewer saat ia melakukan kesalahan. Nah berikut 5 cara yang bisa membantu mengatasi anak yang kelewat nakal. Simak dan coba ikuti ya, Beauties!

1. Hindari Memarahi Anak di Depan Khalayak Umum

seorang ayah sedang memarahi anak
seorang ayah sedang memarahi anak/pexels.com

Saat anak melakukan kesalahan, jangan buru-buru untuk membentak apalagi memarahi anak di depan khalayak umum. Karena mungkin si kecil melakukan kesalahan tersebut tanpa ada unsur kesengajaan.

Kamu bisa membawa anak di tempat yang lebih sepi lalu bisa bertanya kenapa dia melakukan hal tersebut, dengan begitu si kecil tidak akan merasa terintimidasi. Setelah itu nasihati secara pelan-pelan, agar anak bisa menyadari kesalahannya.

2. Bersikaplah Sabar dan Lembut Menghadapi Anak

ibu dan anak
bersikap sabar dengan anak/pexels.com

Mengatasi si kecil yang nakal jangan pakai emosi apalagi dengan cara kekerasan. Tahan emosimu untuk memarahi anak, bersikaplah sabar dan lembut saat menghadapi si kecil yang kelewat nakal. Sebab anak-anak tidak senang dengan sesuatu yang kasar. Karena jika sedari kecil anak terbiasa dengan perlakuan kasar dari orangtuanya, bukan tidak mungkin ia akan menirunya saat besar nanti. 

3. Beri Contoh yang Baik 

ibu dan anak
beri contoh yang baik pada anak/pexels.com

Agar anak bisa berperilaku baik tidak hanya dibutuhkan berupa nasihat-nasihat yang baik saja, namun juga diberi contoh perbuatan yang baik itu seperti apa. Beri teladan melalui perilaku kehidupan sehari-hari, mana hal yang boleh dilakukan dan mana yang tidak.

Jika dari orang terdekatnya sendiri tidak bisa memberi contoh dan teladan yang baik, maka jangan kaget jika anak tidak mau mendengar sama sekali nasihat dari orangtuanya. 

4. Sesekali Beri Anak Punishment

orangtua dan anak
sesekali beri punishment/pexels.com

Jika tingkat kenakalan anak sudah kelewat batas, orangtua bisa menerapkan adanya sanksi atau punishment. Punishment tersebut bisa bersifat fleksibel, santai, hingga tegas. Disesuaikan dengan kondisi si anak tentunya.

Misalnya si kecil berjam-jam bermain game online di ponsel, hingga lupa waktu untuk belajar dan istirahat. Maka kamu bisa memberinya sanksi berupa menyita ponsel tersebut dalam jangka waktu tertentu.  

5. Bersikap Tegas dan Jangan Mudah Memberi Toleransi

bersikap tegas pada anak
bersikap tegas pada anak/pexels.com

Cara selanjutnya untuk membantu mengatasi anak yang nakal yaitu dengan bersikap tegas dan jangan mudah memberinya toleransi. Jika kamu sudah membuat aturan atau punishment jangan mudah untuk memberi kemudahan bagi si kecil. Sebab anak akan menganggap dan meremehkan aturan tersebut, sehingga ia tidak segan-segan untuk mengulangi kesalahan yang sama. 

Itu dia tips parenting lima cara mengatasi anak nakal. Bagi orangtua Jangan buru-buru untuk memarahi si kecil ya. Hadapi dengan kepala dingin dan mendidiknya dengan baik. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id