sign up SIGN UP

Fenomena Influencer Anak Kian Marak, Ini Pandangan Psikolog Intan Erlita

Rini Apriliani | Jumat, 23 Jul 2021 10:15 WIB
Fenomena Influencer Anak Kian Marak, Ini Pandangan Psikolog Intan Erlita
caption

Setiap tahunnya kita memperingati hari Anak Nasional. Setiap tahunnya juga banyak fenomena terkait anak terjadi di sekitar kita, salah satunya fenomena influencer anak.

Membagikan momen anak yang tengah berbahagia ke sosial media memang sangat menyenangkan. Apalagi jika hal tersebut mendapat respon baik dari banyak orang. Tentu mendatangkan rasa bahagia tersendiri bukan? 

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak/ Foto: Freepik.com/senivpetro

Dengan pertumbuhan sosial media yang semakin pesat, fenomena influencer anak pun semakin banyak terjadi. 

Beautynesia mencoba berbincang santai dengan salah satu Psikolog ternama, Intan Erlita, Psi, untuk menjawab fenomena influencer anak saat ini.

Ia menuturkan jika fenomena influencer anak ini tidak bermasalah, selama tidak menjadi sebuah keterpaksaan untuk sang anak.

"Fenomena influencer anak yang terjadi saat ini kembali lagi pada si anak. Anakkan tidak memiliki kewajiban mencari uang, tapi jika tiba-tiba postingan anak kita disukai oleh banyak orang kemudian mendatangkan rezeki, itu satu hal yang harus disyukuri," ujar Intan Erlita, Kamis (22/7).

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak/ Foto: Freepik.com/peoplecreations

Namun ia pun kembali menambahkan, jika hal ini jangan sampai membuat sang anak menjadi terbebani dengan berbagai macam target yang justru dibuat oleh orangtuanya.

"Tapi jangan sampai akhirnya anak menjadi punya target postingan foto, produk, dan sebagainya. Inikan akhirnya membuat sang anak menjadi tidak senang," tambahnya.

Intan Erlita pun kembali mengatakan, sebagai orangtua kita tidak boleh memaksa keinginan anak. Karena dasarnya dunia anak adalah dunia bermain, sehingga jika anak memang tengah merasa capek dan tidak ingin melakukan target tersebut, tidak perlu dijadikan sebuah masalah.

"Dunia anak-anak itu dunia bermain dan dunia tumbuh kembang ya, jangan sampai apa yang kita tanamkan saat ini berakibat dengan tumbuh kembang mereka di dewasa nanti," tutupnya.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id