sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Gejala dan Cara Mengatasi Baby Blues pada Ibu Setelah Melahirkan

Raudiya Nurfadilah H | Selasa, 06 Jul 2021 12:00 WIB
Gejala dan Cara Mengatasi Baby Blues pada Ibu Setelah Melahirkan
caption

Sekira 80 persen ibu yang baru melahirkan akan mengalami sindrom baby blues, itu artinya dari 5 ibu yang melahirkan, 4 di antaranya terkena baby blues. Apakah Beauties pernah merasakannya atau justru sedang mengalami hal tersebut?

Baby blues merupakan suatu kondisi di mana sang ibu akan merasa sedih, cemas, stres, marah, menangis tanpa alasan, dan suasana hati sering berubah-ubah, yang biasanya akan terjadi dalam 2 hingga 3 hari setelah melahirkan. Kondisi tersebut pun diketahui akan berlangsung selama 14 hari.

“Anda mungkin menangis tanpa alasan, merasa gelisah dan ini cenderung memuncak pada hari kelima dan berlangsung selama dua minggu,” kata Donnica Moore, MD, ahli kesehatan wanita yang berbasis di Far Hills, New Jersey yang dikutip dari The Healthy.

Baby blues merupakan suatu kondisi dimana sang ibu akan merasa sedih, cemas, stres, marah, menangis tanpa alasan, dan suasana hati sering berubah-ubah
Baby blues umumnya terjadi pada ibu baru/ Foto: Freepik/ Jcomp

Meski akan hilang dengan sendirinya, tetapi baby blues tidak boleh dianggap remeh karena jika dibiarkan justru akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan misalnya depresi.

untuk mengetahui lebih lanjut mengenai baby blues, berikut ini gejala baby blues yang umum dialami ibu setelah melahirkan.

Biasanya ibu akan menangis tanpa alasan yang jelas atau menangis karena hal-hal kecil, misalnya ibu akan menangis tanpa sebab ketika melihat bayinya, lalu kamu juga mudah mengalami mood swing dan mudah tersinggung, merasa kehilangan kehidupan lama seperti kebebasan bermain dengan teman-teman atau tidak bisa keluar rumah untuk jalan-jalan.

Meskipun kamu merasa lelah tetapi kamu tidak bisa tidur (insomnia) di malam hari
Insomnia bisa menjadi gejala baby blues/ Foto: Pexels/ Cottonbro

Gejala selanjutnya yakni kamu sering merasa cemas dengan kesehatan sang bayi, lalu meskipun kamu merasa lelah tetapi kamu tidak bisa tidur (insomnia) di malam hari, dan sulit berkonsentrasi sehingga tidak bisa berpikir secara jernih.

Sebenarnya untuk mengatasi baby blues, kamu tidak perlu melakukan hal-hal yang rumit, karena pada umumnya sang ibu akan menyesuaikan peran baru dan menyesuaikan waktu dengan kegiatan sang bayi. Tetapi jika kamu ingin lebih cepat kembali normal, maka bisa melakukan beberapa cara yang telah dirangkum dari laman Healthline.

Tidurlah

ibu yang baru melahirkan disarankan untuk tidur sebanyak mungkin ketika bayi tertidur.
Cara mengatasi baby blues yakni tidur bersama bayi/ Foto: Pexels/ William Fortunato

Seperti yang kita ketahui bahwa tidur merupakan kegiatan yang penting dilakukan. Itu karena selain untuk mengisi energi, tidur juga bisa membuat mood menjadi lebih baik. Oleh karena itu, ibu yang baru melahirkan disarankan untuk tidur sebanyak mungkin terlebih ketika bayi tertidur.

Minta Bantuan

meminta pada ibu atau ibu mertua untuk membantu dalam mengurus bayi atau memasak
Minta bantuan adalah salah satu cara mengatasi baby blues/ Foto: Pexels/ Katerina Holmes

Cara ini penting untuk dilakukan, jika kamu merupakan ibu baru, pastinya akan kewalahan dengan peran baru. Maka dari itu kamu bisa meminta pada suami, ibu atau ibu mertua, kakak, maupun adik untuk membantu dalam mengurus bayi juga urusan rumah tangga. Tidak perlu sungkan ya, Beauties!

Berbicara dengan Seseorang

Dalam hal ini, suami sangat berperan penting pada kondisi istri
Suami punya peran penting ketika istri mengalami baby blues/ Foto: Pexels/ PNW Production

Dalam hal ini, suami sangat berperan penting pada kondisi istri. Sebaiknya kamu bicarakan apa saja yang tengah kamu rasakan.

Support, bantu hal (pekerjaan) ringan rumah, bergantian menjaga anak. Suami banyak meluk, mendengarkan keluhan istrinya (yang sedang) bingung dan lain-lain,” ujar Nuzulia Rahma, seorang psikolog keluarga yang dikutip dari Detik health.

Beauties, itulah beberapa gejala dan cara mengatasi baby blues yang dapat dilakukan jika kamu atau orang-orang terdekat yang sedang mengalaminya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id