sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Cara Menghindari Stres untuk Wanita yang Baru Melahirkan

Shinta Nikmah | Rabu, 16 Dec 2020 15:30 WIB
Cara Menghindari Stres untuk Wanita yang Baru Melahirkan
caption

Menjadi ibu merupakan anugerah terindah yang dimiliki wanita di dunia. Melahirkan seorang bayi yang lucu membawa kebahagiaan tersendiri di dalam rumah tangga. Ketika bayi hadir di dalam kehidupan seorang wanita, maka ia akan merasa sempurna menjadi seorang wanita.

Mengurus bayi bukan hal yang mudah. Banyak waktu dan tenaga yang tercurah untuk merawat dan menjaga bayi. Waktu tidur dan istirahat pun tersita untuk buah hati tercinta. Tak jarang ibu kelelahan dan mengalami stres selama merawat bayi.

Agar sang ibu terhindar dari stres, Beautynesia punya tips mengelola stres untuk ibu muda yang baru melahirkan.

Batasi Jumlah Tamu

Tamu
Batasi Jumlah Tamu/ Foto: freepik.com

Ketika si kecil lahir, tentu hal tersebut juga menjadi kabar bahagia bagi keluarga, kerabat, dan teman. Tak heran mereka akan dengan senang hati datang menjenguk untuk sekedar memberi selamat atau bahkan memberi kado.

Kedatangan para tamu tersebut tentu menyita waktu istirahat ibu. Kurangnya waktu istirahat bisa membuat tubuh lelah dan memicu stres. Lebih baik ibu membatasi tamu yang datang. Jika kerabat jauh, cukup sampaikan kabar bahagia melalui pesan singkat. Jadi, gunakanlah waktu yang ada untuk lebih banyak beristirahat ya, Ladies.

Beristirahat Selagi Si Kecil Tidur

Tidur
Beristirahat dengan Si Kecil/ Foto: freepik.com

Ketika baru lahir, bayi akan lebih banyak tidur daripada terjaga. Terlebih bayi masih memiliki jam tidur yang terbalik, yakni akan tidur lebih lama ketika siang dan akan sering terjaga ketika malam. 

Agar ibu tidak kelelahan ketika menjaga buah hati, maka ibu lebih baik ikut beristirahat ketika bayi tidur. Sehingga ketika bayi bangun, ibu punya cukup tenaga untuk menggendong atau menyusui. Terlebih ketika malam hari ibu butuh tenaga ekstra untuk menjaga bayi karena harus menahan kantuk.

Libatkan Pasangan dalam Merawat Si Kecil

Ayah
Ayah dan Si Kecil/ Foto: freepik.com

Merawat buah hati merupakan tanggung jawab ayah dan ibu. Ayah bisa menggantikan menggendong bayi agar ibu bisa mandi atau merebahkan punggung sejenak.

Ayah juga bisa dilibatkan untuk membantu memandikan dan memakaikan baju si bayi. Bantuan dari ayah akan meringankan beban ibu dan membuat waktu istirahat ibu lebih banyak sehingga ibu bisa terhindar dari stres.

Meminta Bantuan Keluarga Dekat

Kakek nenek
Meminta Bantuan Keluarga/ Foto: freepik.com

Keluarga dekat seperti ibu kandung atau ibu mertua biasanya akan dengan senang hati membantu merawat atau menjaga si kecil. Bahkan adik atau kakak juga biasanya akan senang menggendong dan mengajak si kecil berjalan-jalan.

Manfaatkanlah waktu tersebut untuk sekedar beristirahat atau memakan makanan kesukaan. Istirahat yang cukup, nutrisi yang bagus, dan rasa bahagia selain menghindarkan ibu dari stres juga bisa meningkatkan produksi ASI.

Luangkan Waktu untuk Merawat Diri

Me time
Me Time Ibu/ Foto: freepik.com

Ibu yang baru memiliki bayi biasanya berpenampilan seadanya karena tidak sempat merawat tubuh dan wajah. Ibu juga mungkin kurang terlihat fresh karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan tidak punya waktu untuk jalan-jalan.

Selagi si kecil dijaga oleh neneknya, ada baiknya ibu menggunakan waktu untuk merawat diri. Ibu juga bisa pergi ke salon atau shopping baju baru agar penampilan lebih segar. Refreshing dengan sekedar jalan-jalan atau bertemu dengan teman di kafe juga bisa menghindarkan ibu dari stres.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id