sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Hadapi Orang Tua Toxic dengan Tips Ini, Biar Hidup Lebih Happy

Jovita | Rabu, 26 Aug 2020 14:00 WIB
Hadapi Orang Tua Toxic dengan Tips Ini, Biar Hidup Lebih Happy
caption

Orang tua toxic bisa melakukan berbagai kekerasan pada anak, bahkan membuat kondisi psikologis atau kesehatan mental anak terganggu. Toxic parents enggan berkompromi, bertanggung jawab, maupun meminta maaf pada anaknya.

Jika Beautynesian merasa terjebak dalam situasi seperti ini, maka ikuti 3 tips hadapi orang tua toxic berikut.

1. Bersikap tegas

Bersikap Tegas/ Foto: Pixabay.com
Bersikap Tegas/ Foto: Pixabay.com

Tips hadapi orang tua toxic yang pertama adalah dengan menunjukkan sikap tegas sebagai seorang anak. Menjadi tegas bukan berarti bertindak kurang ajar atau durhaka terhadap orang tua. Bertindak tegas di sini berarti kamu bisa memutuskan hal yang benar, baik untuk diri sendiri maupun orang tua.


Jika orang tua mengatakan hal yang tidak benar, maka jelaskanlah dengan lemah lembut bahwa apa yang dikatakannya adalah hal yang salah. Selain itu, Beautynesian juga harus bisa berkata "tidak" terhadap sesuatu yang bertentangan dan bisa membunuh karakter seorang anak, serta perlu memilah hal yang perlu dan tidak perlu untuk dilakukan.

2. Bicarakan baik-baik dari hati ke hati

Diskusikan Hati ke Hati/ Foto: Pixabay.com
Diskusikan Hati ke Hati/ Foto: Pixabay.com

Tips hadapi orang tua toxic yang selanjutnya adalah ajak orang tuamu bicara dari hati ke hati. Dalam kesempatan ini, sampaikan apa yang selama ini kamu rasakan. Kamu juga bisa menanyakan secara baik-baik, apa yang menjadi alasan orang tua berperilaku buruk hingga mungkin sering menyakiti. Dengar jawabannya secara lapang dada dan bayangkan dirimu di posisi orang tua.

Bisa jadi, orang tua tidak pernah berniat untuk mencelakakan atau menyakitimu. Mungkin mereka hanya sedang stres atau merasa sangat kecewa hingga akhirnya tanpa sadar menjadikanmu sebagai tempat pelampiasan. Atau bisa juga, orang tuamu dididik dengan cara yang sedemikian rupa hingga mereka tidak tahu mana cara yang salah dan yang benar dan mewariskan cara didik yang penuh kekerasan pada dirimu. 

3. Cari dukungan dari orang yang kamu percayai

Temukan Dukungan dari Orang Lain/ Foto: Pixabay.com
Temukan Dukungan dari Orang Lain/ Foto: Pixabay.com

Jangan menanggung semuanya sendirian juga adalah salah satu tips hadapi orang tua toxic. Emosi-emosi negatif akibat perlakuan orang tua yang menyakiti hingga mengusik mental anaknya, sangat perlu dituangkan dalam wadah lain, bisa berupa non verbal dan verbal. Oleh karena itu,kamu perlu menemukan orang yang kamu percayai untuk mendengarkan beban dalam hati dan pikiranmu selama ini.

Memiliki dukungan yang tulus akan membuat hidupmu lebih bermakna, tidak ada kata sia-sia dalam perjuangan yang telah kamu lakukan. Meskipun kedua orang tua tidak mendukung, masih ada orang lain, seperti sahabat, saudara, atau kekasih yang sangat peduli kepadamu.

Jadi, seburuk apapun orang tua kita, jangan sampai menjauhinya. Jika ada masalah, ayo duduk bersama dengan kepala dingin dan hati yang tenang, bicarakan masalah yang ada dengan sopan namun tetap tegas. Dengan begini, semoga orang tua bisa lebih mengenal dan mengetahui bagaimana sudut pandang seorang anak.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id