sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jangan Salah! Ini Dia Aturan Penggunaan Skincare untuk Anak-Anak Sesuai dengan Usianya

Rumaysha Milhania | Minggu, 12 Jul 2020 22:00 WIB
Jangan Salah! Ini Dia Aturan Penggunaan Skincare untuk Anak-Anak Sesuai dengan Usianya
caption
Jakarta -

Kulit merupakan organ terbesar yang ada dalam tubuh manusia. Manfaatnya adalah sebagai pelindung tubuh dari lingkungan sekitar. Sama seperti organ lainnya, kulit juga bisa terserang penyakit dan membutuhkan perawatan. Beberapa orang bahkan memiliki jenis kulit sensitif yang membutuhkan treatment khusus. Begitu pula dengan anak-anak yang memiliki kulit lebih rentan. Nah, berikut ini adalah rekomendasi perawatan kulit untuk anak yang bisa menjadi referensi sesuai dengan usianya:

Anak Usia 2-5 Tahun

Ketahui bahwa kondisi anak berbeda satu sama lain. Namun, anak-anak pada usia dini cenderung memiliki perkembangan dan perumbuhan yang cepat. Nah, pada usia inilah kamu dapat mulai mengajarkannya cara-cara untuk merawat diri sendiri, mulai dari menyikat gigi, membersihkan badan, hingga merawat tubuh. Pada usia ini, sangat penting bagi para orangtua untuk membiasakan anak mencuci tangan dan wajah. Gunakan juga sabun cuci muka berbahan lembut khusus anak untuk ia gunakan. Pastinya yang tidak pedih saat terkena mata.

Seorang anak sedang menyentuh wajahnya.
Kulit anak/ Sumber: Pexels.com

Anak Usia 6-9 Tahun

Memasuki usia sekolah dasar, anak-anak biasanya cenderung lebih mandiri dan sudah bisa memahami sebab akibat dari tindakan yang ia lakukan. Sebagai orangtua, kamu perlu selalu mengingatkannya untuk menjaga kebersihkan kulit agar tetap terawat dengan baik. Kamu bisa memperkenalkan ia dengan produk-produk pembersih kulit remaja. Apalagi jika si kecil merupakan anak-anak yang sangat aktif dan sering berada di luar ruangan seharian. Gunakan pembersih wajah lembut berbahan dasar susu dan ikuti dengan penggunaan toner lembut untuk menyeimbangkan pH kulit seperti dan diikuti dengan pelembap ringan untuk anak-anak.


Wajah seorang anak remaja sedang tersenyum.
Wajah anak remaja/ Sumber: Pexels.com

Anak Usia 10-13 Tahun

Memasuki usia teenager anak-anak akan mulai merasakan adanya perubahan pada kulit mereka akibat dari kerja hormon. Biasanya, pola makan dan perilaku akan memperburuk kondisi kulitnya. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga asupan makanan anak agar tetap bersih dan seha. Selain itu, biasakan mereka untuk melakukan perawatan kulit dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit mereka.

Seorang anak saat sedang menggunakaan handuk setelah mandi dan membersihkan wajah.
Anak saat mandi/ Sumber: Pexels.com

Anak Usia 14-20 Tahun

Nah, memasuki usia 14 tahun, kebiasaan merawat kulit akan menjadi hal yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Anak-anak yang sudah terbiasa menjaga dan merawat kulitnya sejak kecil tentu akan sudah terbiasa dengan pola perawatan ini. Kamu juga bisa mulai memperkenalkan produk-produk scrub wajah yang ringan dan alami untuk menghindari wajah yang kusam.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar perawatan kulit anak sesuai dengan usianya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id