sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Moms, Kenapa ya Si Kecil Begitu Pendiam? Jawabannya...

Ade Irma Suryani | Senin, 01 Feb 2021 08:00 WIB
Moms, Kenapa ya Si Kecil Begitu Pendiam? Jawabannya...
caption
Jakarta -

Sering melekat dengan karakter yang ceria, nyatanya anak-anak juga memiliki berbagai kepribadian yang berbeda-beda. Seperti halnya anak yang memiliki sifat pendiam. Ya, anak-anak yang pendiam memang terlihat lebih nyaman sendiri dan menarik diri dari lingkungan sekitarnya. 

Tentunya, ada beberapa penyebab yang membuat seorang anak menjadi pendiam. Berikut penjelasannya di bawah ini. 

 

1. Mengalami Bullying

Anak yang mengalami bullying oleh teman-temannya bisa menjadi pendiam.
Bullying/freepik.com

Anak yang menjadi korban bullying di sekolah oleh teman-temannya juga bisa membuatnya mendadak menjadi pendiam, meskipun sebelumnya ia banyak bicara.

Bullying ini sendiri bisa terjadi dalam bentuk fisik maupun psikologis. Selain berubah menjadi pendiam, anak yang menjadi korban bullying tersebut juga bisa mengalami tekanan, menjadi penyendiri, susah tidur, malas makan, dan lain sebagainya. 

 

2. Anak yang Pemalu

Anak yang pemalu biasanya menjadi pendiam.
Pemalu/freepik.com

Anak yang pendiam biasanya juga memiliki sifat pemalu. Karena itulah, ia pun menjadi enggan dan tidak berani untuk berinteraksi dengan orang lain selain dengan keluarganya sendiri.

Anak yang pemalu saat bertemu dengan orang baru bisa saja disebabkan karena jarang diajak berinteraksi dengan lingkungan luar. Oleh sebab itu, anak yang pemalu biasanya juga membutuhkan waktu dan bimbingan orang sekitar agar mau berinteraksi dengan orang lain. 

 

3. Berkepribadian Introvert

Anak yang berkepribadian introvert biasanya tidak banyak bicara.
Introvert/freepik.com

Seorang anak yang pendiam bisa jadi karena ia memiliki kepribadian introvert. Anak yang berkepribadian introvert sendiri biasanya memang lebih suka menghabiskan waktu dengan dunianya sendiri ketimbang berinteraksi dengan banyak orang.

Selain itu, ia juga akan merasa begitu lelah setelah banyak berinteraksi sosial dengan orang sekitar. Karena itulah, anak yang introvert terkadang terlihat begitu nyaman saat sendiri. 

Meskipun begitu, jangan menganggap bahwa anak yang introvert tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Hanya saja, ia akan merasa lebih nyaman berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang-orang terdekat dan juga cocok dengan dirinya. 

 

4. Trauma Psikis

Trauma psikis yang dialami anak bisa membuatnya pendiam.
Trauma Psikis/freepik.com

Adanya trauma psikis yang pernah dialami seorang anak juga bisa menyebabkannya menjadi pendiam. Hal tersebut bisa berupa kejadian atau pengalaman yang menyakitkan dirinya, seperti karena sering dimarahi, pelecehan pada fisik atau seksual, dan beberapa hal lainnya.

Anak yang mengalami trauma tersebut bisa menjadi sangat pendiam, pemarah, kehilangan semangat dan minat pada sesuatu, perubahan nafsu makan, dan lain sebagainya. 

 

5. Masalah dalam Keluarga

Anak yang memiliki masalah dalam keluarga juga bisa membuatnya menjadi pendiam.
Masalah Keluarga/freepik.com

Masalah yang terjadi dalam keluarga seperti pertengkaran atau perceraian orang tua juga bisa membuat anak menjadi sedih dan tertekan. Hal tersebut juga bisa membuat anak menjadi pendiam jika sebelumnya ia adalah anak yang ceria. Selain itu, akibat hal tersebut anak pun bisa menjadi lebih sering menangis, stres, atau  juga depresi. 

Nah, itulah beberapa penyebab yang bisa membuat anak menjadi pendiam. Meskipun begitu, penting bagi orang tua untuk memahami bahwa anak yang pendiam bukanlah sesuatu yang buruk.

Namun jika sifat pendiam anak terlihat begitu tidak normal dan mengganggu kehidupannya, maka orang tua perlu membantu anak untuk mengatasi masalah tersebut, seperti berkonsultasi dengan psikolog anak. Selain itu, cobalah untuk memberi perhatian lebih kepada anak, sering berkumpul dan mengajaknya bicara, serta ikut melibatkannya pada berbagai kegiatan di luar, agar anak lebih mudah untuk belajar bersosialisasi. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id