sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jangan Ucapkan 6 Toxic Frase Ini Kepada Anak

Intan Dwi | Kamis, 07 Jan 2021 12:00 WIB
Jangan Ucapkan 6 Toxic Frase Ini Kepada Anak
caption
Jakarta -

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah, mungkin kamu akan marah di saat anak-anak berisik atau membuat kekacauan. Tetapi terlepas dari bagaimana perasaan kamu, ada beberapa toxic frasa untuk anak-anak yang tidak boleh kamu ucapkan.

Karena kata-kata yang keluar dari mulut kamu memiliki kekuatan atas orang lain, jadi bayangkan kekuatan yang kamu miliki ketika kamu berbicara dengan anak kamu. Anak-anak pasti akan mengandalkan orang tuanya untuk segalanya. Berikut ini ada enam toxic frasa yang enggak boleh kamu katakan kepada anak.

“Berhenti Menangis”

Ketika anak kamu menangis, mungkin terkadang akan membuat kamu kesal atau frustasi, tetapi anak-anak adalah anak-anak
“Berhenti Menangis”/freepik.com

Ketika anak kamu menangis, mungkin terkadang akan membuat kamu kesal atau frustasi, tetapi anak-anak adalah anak-anak. Jika memberi tahu anak kamu untuk berhenti menangis berarti kamu memberi tahu mereka bahwa cara mereka memproses emosi tidak baik. Jadi tidak ada salahnya biarkan mereka menangis untuk memproses emosinya.

“Aku Tidak Menyukaimu”

Seorang anak akan melakukan beberapa hal buruk, mereka membuat ulah atau bahkan kekacauan.
“Aku Tidak Menyukaimu”/freepik.com

Seorang anak akan melakukan beberapa hal buruk, mereka membuat ulah atau bahkan kekacauan. Mereka akan bertindak ketika kamu orang tua meminta mereka untuk melakukan sesuatu dan semuanya itu adalah hal normal.

Tapi tindakan dari sang anak mungkin ada saatnya orang tua berpikir “saya bahkan tidak menyukai anak saya sendiri sekarang”. Tapi orang tua tidak boleh mengatakan hal itu kepada anaknya, sebaliknya, beri tahu mereka bahwa kalian tidak menyukai cara mereka bertindak atau cara mereka berbicara.

“Aku Banyak Berkorban untukmu”

Mungkin banyak orang tua yang suka mengeluarkan kata yang satu ini. Tentu saja kalian banyak berkorban, karena kalian adalah orang tua untuk anak kalian.
“Aku Banyak Berkorban untukmu”/freepik.com

Mungkin banyak orang tua yang suka mengeluarkan kata yang satu ini. Tentu saja kalian banyak berkorban, karena kalian adalah orang tua untuk anak kalian. Tetapi anak-anak kamu tidak meminta untuk berada di sini dan meminta kalian untuk memilikinya.

Mengingatkan mereka bahwa kalian banyak berkorban untuk mereka akan membuat mereka merasa bersalah dan dapat membuat anak-anak merasa bahwa mereka berutang sesuatu kepada kalian karena telah menjadi orang tua untuk mereka.

“Berhenti Bertanya!”

Seorang anak pasti ingin mengetahui banyak hal, terutama untuk anak-anak yang kecil, mereka pasti penasaran dengan segala hal.
“Berhenti Bertanya Padaku”/freepik.com

Seorang anak pasti ingin mengetahui banyak hal, terutama untuk anak-anak yang kecil, mereka pasti penasaran dengan segala hal. Tapi jangan pernah mengatakan kalimat ini kepada anak kalian, lebih baik jawablah pertanyaan mereka tentang hal-hal yang mereka dengar dan lihat.

“Kamu Tidak Punya Alasan untuk Marah”

Bagaimana kamu tahu? Kalian sebagai orang tua pasti pernah merasa kesal dan itu pasti ada alasannya, begitu pula dengan anak kalian.
“Kamu Tidak Punya Alasan untuk Marah”/freepik.com

Bagaimana kamu tahu? Kalian sebagai orang tua pasti pernah merasa kesal dan itu pasti ada alasannya, begitu pula dengan anak kalian. Mereka berhak untuk marah tentang sesuatu, alasan mereka kesal mungkin karena sesuatu yang normal seperti mereka kelelahan atau lapar.

“Biarkan Ibu yang Melakukannya”

Melihat anak kalian yang berusia tiga tahun sedang mencoba menutup ritsleting jaketnya sendiri merupakan hal yang sulit dilakukan.
“Biarkan Ibu yang Melakukannya”/freepik.com

Melihat anak kalian yang berusia tiga tahun sedang mencoba menutup ritsleting jaketnya sendiri merupakan hal yang sulit dilakukan. Apalagi jika mereka ngotot ingin melakukannya sendiri dan tidak mau dibantu.

Namun frase. “biarkan ibu yang melakukannya,” itu tidak boleh dikatakan oleh kalian. Sebaliknya, tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan atau tunjukkan kalau kalian bisa menunjukkan trik untuk membuatnya lebih mudah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id