sign up SIGN UP

Nggak Melulu Tentang Sains, 4 Profesi Ini Ternyata Cocok untuk Karier Orang Cerdas Ber-IQ Tinggi

Zeyra Haya | Jumat, 08 Oct 2021 07:30 WIB
Nggak Melulu Tentang Sains, 4 Profesi Ini Ternyata Cocok untuk Karier Orang Cerdas Ber-IQ Tinggi
Foto: 4 Profesi yang Cocok untuk Orang Cerdas/Pexels.com/Andrea Piacquadio

Seseorang yang dianugerahi kecerdasan patut mensyukuri kehidupannya karena memiliki peluang kesuksesan yang besar. Tak hanya dalam bidang akademik, namun juga bagi kariernya.

Selain memiliki kebiasaan yang unik, orang dengan kecerdasan otak yang tinggi juga kerap memiliki kreativitas yang luar biasa. Tak jarang, banyak dari mereka yang juga memiliki hobi yang unik.

Orang yang memiliki IQ tinggi biasanya kerap dikaitkan dengan bidang sains atau numerik. Namun siapa sangka, orang cerdas pun juga berpotensi memiliki karier dalam bidang sosial.

Nggak Disangka! 4 Profesi Ini Ternyata Cocok Bagi Orang Cerdas

Setiap manusia memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Bahkan pakar pendidikan dari Universitas Harvard, Profesor Howard Gardener mengatakan bahwa terdapat 9 jenis kecerdasan menurut teori Multiple Intelligences. Oleh sebab itu, peluang karir orang cerdas dapat lebih luas.

Belum banyak diketahui orang, profesi-profesi ini ternyata cocok untuk orang cerdas ber-IQ tinggi. Apa saja? Beauties, yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Pengacara

Profesi orang cerdas - Pengacara/Foto: pexels.com/John Diez
(Profesi orang cerdas - Pengacara/Foto: pexels.com/John Diez)

Salah satu jenis kecerdasan yang dimiliki manusia adalah kecerdasan linguistik atau kecerdasan bahasa. Banyak orang yang ber-IQ tinggi tidak memiliki keterampilan dalam menghitung namun terampil dalam berbahasa. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik biasanya gemar membaca, menulis hingga berbicara di depan umum.

Pengacara menjadi profesi yang dapat ditekuni seseorang dengan kecerdasan linguistik. Keterampilan berbahasa serta wawasannya yang luas akan membantu dalam pekerjaannya sebagai pengacara.

2. Musisi

Profesi orang cerdas - Musisi/Foto: pexels.com/Anthony Shkra
(Profesi orang cerdas - Musisi/Foto: pexels.com/Anthony Shkra)

Banyak orang pintar yang bercita-cita menjadi musisi atau penyanyi. Namun biasanya dilarang karena dirasa pekerjaan tersebut tidak cocok bagi mereka. Siapa sangka, justru menjadi musisi adalah karir yang hanya bisa dijalankan oleh orang-orang yang memiliki kecerdasan musikal.

Orang dengan kecerdasan musikal memiliki kepekaan tinggi terhadap ritme, melodi dan timbre dari sebuah musik. Mereka dapat menikmati musik sekaligus membedakan bentuk-bentuk musik. Tak heran, seorang musisi atau pencipta lagu kerap dijuluki jenius berkat kecerdasan yang dimilikinya.

3. Marketing

Profesi orang cerdas - Marketing/Foto: pexels.com/Startup Stock Photo
(Profesi orang cerdas - Marketing/Foto: pexels.com/Startup Stock Photo)

Jika seorang ber-IQ tinggi menjadi dokter mungkin sudah biasa, lantas bagaimana jika mereka berkarir dalam dunia marketing? Pekerjaan marketing atau penjualan seringkali dianggap sebagai pekerjaan sepele. Namun siapa sangka, tidak sembarang orang bisa melakukan profesi ini.

Kemampuan marketing yang baik hanya dimiliki orang-orang dengan kecerdasan interpersonal yang tinggi. Dimana mereka bisa mengerti dan memahami situasi orang lain dengan baik. Tak jarang pula, orang dengan kecerdasan interpersonal dapat memahami kebutuhan orang lain. Kemampuan itu mereka manfaatkan untuk menjalankan kegiatan marketingnya.

4. Penari

Profesi orang cerdas - Penari/Foto: pexels.com/Maksim Goncharenok
(Profesi orang cerdas - Penari/Foto: pexels.com/Maksim Goncharenok)

Jenis kecerdasan lain yang dimiliki manusia adalah kecerdasan kinetik. Kecerdasan kinetik merupakan keterampilan fisik dimana seseorang yang cerdas kinetik akan aktif menggunakan tubuhnya dengan baik dan terampil. Salah satu karir yang dapat ditekuni adalah sebagai penari atau dancer.

Meskipun sering disepelekan, siapa sangka menari merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi dan dapat meningkatkan kecerdasan otak. Tidak semua orang memiliki keterampilan menari. Nyatanya, hanya orang-orang dengan kecerdasan kinetik yang dapat menjadi penari handal.

Beauties, itulah beberapa profesi dan karir yang cocok untuk orang cerdas namun belum banyak diketahui. Adakah profesi impianmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id