sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Para Suami Wajib Tahu, Ini Kecemasan yang Umum Dialami Wanita Setelah Melahirkan

Rumaysha Milhania | Rabu, 31 Mar 2021 20:00 WIB
Para Suami Wajib Tahu, Ini Kecemasan yang Umum Dialami Wanita Setelah Melahirkan
caption

Kehamilan, persalinan, dan menyusui merupakan saat-saat luar biasa yang dijalani oleh seorang wanita. Ini mungkin memang anugerah yang tidak terhingga saat melihat bayi mungil lahir dari rahim sendiri.

Namun, tidak bisa dipungkiri, tekanan dari orang-orang sekitar dan gejolak hormon yang tidak menentu membuat para wanita kesulitan untuk menjalaninya. Itulah sebabnya sangat penting jika para suami bisa memberikan pendampingan yang baik pada istrinya saat mereka menjalani kecemasan-kecemasan pasca persalinan dan menjadi ibu baru.

Kehamilan, persalinan, dan menyusui merupakan saat-saat luar biasa yang dijalani oleh seorang wanita. Ini mungkin memang anugerah yang tidak terhingga saat melihat bayi mungil lahir dari rahim sendiri.
Ibu Baru Melahirkan/ Sumber: Freepik.com

Nah, berikut ini adalah beberapa kecemasan yang paling umum dialami wanita baru melahirkan.

Khawatir Tidak Bisa Menjadi Istri yang Baik

Saat menjadi ibu, tentu semua wanita ingin menjadi ibu yang terbaik untuk buah hatinya. Kecemasan jika mereka akan melakukan kesalahan dan melukai mental dan hati anak ke depannya menjadi mimpi buruk bagi para ibu. Jika ini dialami istrimu, pastikan kamu selalu meyakinkannya bahwa itu semua akan kalian lakukan berdua.

Ingatlah bahwa parenting adalah proses belajar. Tekankan juga bahwa ia adalah ibu terbaik bagi anak yang ia lahirkan karena ia sudah dipercaya Tuhan untuk mengasuhnya.

Merasa Bersalah saat Merasa Lelah

Rasa lelah adalah sebuah kondisi biologis yang wajar terjadi. Sayangnya, para ibu baru kerap kali merasa bahwa mereka harus siap sedia 24//7 untuk anaknya dan suami. Padahal, kenyataannya mengatakan bahwa mereka membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Kebutuhan dasar dirinya sebagai makhluk hidup adalah beristirahat. Tawarkan untuk bergantian mengurus si kecil saat kamu melihat ia sudah lelah.

Rasa lelah adalah sebuah kondisi biologis yang wajar terjadi. Sayangnya, para ibu baru kerap kali merasa bahwa mereka harus siap sedia 24//7 untuk anaknya dan suami.
Ibu Baru/ Sumber: Freepik.com

Tidak Percaya Diri atas Perubahan Tubuhnya

Ya, selulit dan lemak-lemak pasca melahirkan akan ada di beberapa bagian tubuhnya. Ini akan mengganggu dan membuatnya sedih hingga bahkan benci saat bercermin. Peran suami sangatlah penting untuk menekankan betapa cantiknya ia di matamu, tak peduli berapa besar perubahan fisik yang ia alami setelah melahirkan.

Cemas dengan Omongan Orang Lain

Ucapan mertua tentang bagaimana seharunya ia menjalani persalinan dan mengurus anak kerap kali membuatnya tidak nyaman dan cemas. Terkadang ucapan-ucapan ini didengarkan dengan senyuman, tetapi ia akan menangis sendiri di malam hari.

Berikan dukungan pada istrimu dan komunikasikan ini pada orang-orang sekitarmu dengan selalu mengambil sikap tegas saat orang lain memberikan komentar pedas dan tidak mengenakan hati istrimu.

Kehilangan Momen untuk Dirinya Sendiri

Sangat penting untuk menjaga kewarasan diri dengan memfasilitasi waktu-waktu bersantai. Biarkan istrimu pergi ke salon beberapa minggu setelah ia menjalani persalinan. Buat ia merasa rileks dengan mendapatkan perawatan dan bersantai. Ingat, wanita mungkin tidak akan mengeluh dan memintanya, tetapi itu adalah hal yang ia butuhkan.

Sangat penting untuk menjaga kewarasan diri dengan memfasilitasi waktu-waktu bersantai. Biarkan istrimu pergi ke salon beberapa minggu setelah ia menjalani persalinan. Buat ia merasa rileks dengan mendapatkan perawatan dan bersantai.
Ibu dan Anak/ Sumber: Pexels.com

Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi seorang wanita yang baru melahirkan. Biarkan ia untuk bisa terbuka dan mengungkapkan isi hatinya dengan baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id