sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sedang Menyusui? Ini Tips Agar ASI Melimpah!

Ade Irma Suryani | Selasa, 15 Dec 2020 21:00 WIB
Sedang Menyusui? Ini Tips Agar ASI Melimpah!
caption
Jakarta -

Bagi wanita yang sedang menyusui, pastinya ingin memiliki produksi ASI yang melimpah ruah untuk si buah hati. Namun terkadang selain ketidaktahuan, beberapa kondisi yang terjadi juga kerap membuat produksi ASI menjadi berjalan tidak lancar. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang menjalani masa menyusui, tentunya perlu mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melancarkan produksi ASI, seperti berikut ini. 

 

1. Sering Menyusui

Sering Menyusui akan membuat produksi asi menjadi lancar.
Sering Menyusui/freepik.com

Sering memberikan ASI secara teratur setiap 2-3 jam sampai bayi merasa kenyang, dapat membuat produksi ASI berjalan lancar. Hal ini dikarenakan payudara secara otomatis terpancing untuk mengeluarkan banyak asi ketika terus menyusui. Sebaliknya, jika kamu jarang menyusui, maka produksi ASI pun berkurang. 

Sementara itu, tidak mengapa jika kamu membangunkan bayi yang sedang tidur di saat ia belum disusui selama 4 jam. 

 

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan bergizi agar ASI lancar.
Makanan Bergizi/freepik.com 

Untuk bisa melancarkan dan memperbanyak produksi ASI, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Karena itu, kamu perlu memperhatikan bahwa kebutuhan gizimu telah tercukupi dengan baik.

Konsumsilah berbagai makanan yang mengandung protein tinggi, vitamin, asam folat, zat besi, dan mineral. Beberapa makanan tersebut ialah seperti telur, ikan, daging, kacang-kacangan, susu, buah-buahan dan sayuran hijau.

Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya secara rutin. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

 

3. Istirahat yang Cukup

Perlu istirahat yang cukup agar produksi ASI berjalan lancar.
Istirahat Cukup/freepik.com 

Mengurus bayi memang sering kali membuat tubuh kelelahan hingga kurang tidur. Padahal jika kamu kurang istirahat dan kondisi psikologis yang tertekan, hal ini malah bisa membuat produktivitas ASI menjadi menurun. Karena itu, usahakanlah untuk menggunakan waktu yang ada untuk beristirahat dengan cukup. Saat bayi sedang tidur, kamu bisa menyempatkan waktu tersebut untuk tidur juga.  

Selain itu, berusahalah mengelola stres dengan baik, agar ASI menjadi lancar dan tidak terhambat.

 

4. Memijat Payudara

Memijat payudara dapat membuat produksi asi meningkat.
Memijat Payudara/freepik.com

Ketika sambil menyusui, kamu juga dapat memijat payudara secara perlahan guna melancarkan produksi ASI. Selain itu, hal ini juga dapat membuat bagian ASI yang berlemak di belakang bisa menuju ke arah puting susu. 

 

5. Biarkan ASI Sampai Habis 

Biarkan ASI pada payudara habis terlebih dahulu.
Biarkan ASI Habis/freepik.com 

Agar bisa mendapatkan ASI dalam jumlah yang banyak, kamu juga perlu membiarkan bayi menghabiskan ASI pada salah satu payudara terlebih dahulu sebelum pada payudara sebelahnya. Hal ini penting, karena saat ASI telah habis, maka tubuh akan mengirim sinyal untuk dapat memproduksi ASI kembali pada payudara tersebut.  

 

6. Memompa ASI

Memompa ASI agar produksi ASI berjalan lancar.
Memompa ASI/freepik.com

Memompa ASI bisa menjadi salah satu cara untuk memperbanyak produksi ASI. Karena di saat payudara telah kosong, maka ASI akan diproduksi secara terus-menerus.

Lakukan pompa ASI setelah menyusui, baik itu ketika bayi sudah kenyang menyusui tetapi payudara masih kencang atau persediaan ASI yang masih belum habis. Dengan memompa sisa ASI tersebut sampai habis, maka payudara akan memproduksi kembali ASI baru. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id