sign up SIGN UP

SKINCARE

Puting Kering, Bolehkah Menggunakan Body Lotion?

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 17 Nov 2020 09:00 WIB
Puting Kering, Bolehkah Menggunakan Body Lotion?
caption

Kelembapan kulit merupakan hal penting untuk diperhatikan.  Tidak terkecuali untuk bagian-bagian tersembunyi seperti puting payudara. Untuk itu, perlu dipastikan bahwa puting payudara mendapatkan kelembapan yang pas guna menghindari rasa tidak nyaman dan terjadinya iritasi.

Biasanya, ada banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi puting yang kering ini. Salah satunya adalah dengan mengoleskan body lotion ke permukaannya. Lantas, amankah hal tersebut dilakukan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Puting Kering

puting kering bisa disebabkan oleh cuaca panas, sabun mandi, eksim dan kehamilan/freepik.com
puting kering /freepik.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai boleh tidaknya mengoleskan body lotion ke bagian puting payudara yang kering, maka sebaiknya dibahas terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab puting menjadi kering. Hal ini perlu diketahui guna memastikan apakah penyebab tersebut bisa dihindari atau tidak. Sebenarnya, ada beragam penyebab puting payudara menjadi kering. Salah satunya adalah cuaca panas, sabun mandi, eksim, kehamilan, bra yang digunakan dan masih banyak yang lainnya.

jika dilihat dari penyebab-penyebab ini, tentu saja ada yang terjadi secara alami dan ada pula yang terjadi karena faktor luar. Sejatinya, jika sudah mengetahui penyebab pasti puting payudara menjadi kering maka sebaiknya sesegera mungkin melakukan penanganan supaya tidak menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika memang penyebabnya dirasa bisa dihindari, maka sebaiknya dihindari saja.

Mengatasi Puting Payudara yang Kering

puting kering bisa diatasi dengan menghindari berbagai pemicunya/freepik.com
puting kering/freepik.com

Meskipun puting payudara yang kering bukanlah masalah berbahaya, namun jika terus dibiarkan, rasa tidak nyaman akan terus mengganggu. Biasanya, ketidaknyamanan tersebut disertai dengan kulit sekitar puting yang terlihat mengelupas dan pecah-pecah.  Adapun cara umum yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menghindari pemicu-pemicunya.

Misalnya saja dengan memakai bra yang sesuai, memperhatikan cara berhubungan seksual, memilih jenis olahraga yang tepat dan berusaha menghindarkan gesekan pada payudara. Meski demikian, ada beberapa bantuan lain yang bisa dilakukan pada puting payudara yang kering seperti memberi kompresan air hangat, membilas dengan air garam, memberi tetesan ASI dan juga mengoleskan krim khusus pelembap puting payudara.

Menggunakan Body Lotin untuk Puting Kering

puting kering bisa diatasi dengan body lotion karena cocok untuk semua bagian tubuh/freepik.com
puting kering/freepik.com

Satu pertanyaan yang kerap kali terbesit di pemikiran kaum hawa soal puting payudara yang kering ini adalah soal boleh tidaknya mengoleskan body lotion untuk mengatasi puting kering. Ya, jika dipikir-pikir, seyogyanya body lotion diperuntukkan bagi seluruh tubuh tanpa terkecuali.

Menanggapi hal ini, dr. Lia Nur Amalina memberikan penjelasan bahwa penggunaan body lotion untuk mengatasi puting yang kering sah-sah saja dilakukan, selama lotion yang digunakan mencantumkan keterangan bahwa produk tersebut memang body lotion.

Hal ini mengingat bahwa pada dasarnya body lotion merupakan perawatan tubuh yang bisa diterapkan untuk seluruh tubuh tanpa terkecuali. Jika dilihat dari segi karakteristik, bagian-bagian tubuh juga memiliki banyak kesamaan.

Namun satu hal yang harus diingat bagi kamu yang menyusui, penggunaan body lotion untuk mengatasi puting kering ini sebaiknya dipertimbangkan karena berisiko termakan oleh bayi.

Memilih Body Lotion untuk Puting Kering

puting kering bisa kamu atasi dengan body lotion mengandung moisturizer/freepik.com
puting kering/freepik.com

Mengingat bahwa permasalahannya adalah puting yang kering, maka pemilihan body lotion juga sebaiknya bisa kamu perhatikan. Tentu akan lebih efektif jika kamu menggunakan body lotion yang mengandung moisturizer untuk memberikan kelembapan pada puting yang kering.

Selain itu, body lotion yang mengandung moisturizer ini akan meresap lebih baik ke dalam kulit bagian puting untuk menutrisi dan merawat secara intens puting yang kering. Agar hasilnya maksimal, gunakan body lotion ini secara rutin.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id