sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Waduh Bund! Inilah Gejala dan Ciri Baby Blues yang Sering Tak Disadari

Fahira mahza | Minggu, 27 Jun 2021 21:00 WIB
Waduh Bund! Inilah Gejala dan Ciri Baby Blues yang Sering Tak Disadari
Kenali Ciri dan Gejala Baby Blues/ foto : freepik.com

Melahirkan buah hati memanglah kebahagiaan setiap ibu di dunia. Sebab kehadiran mereka akan melengkapi kehidupan berumah tangga seseorang. Tak ayal banyak orang yang melakukan berbagai macam cara untuk memperoleh keturunan.

Namun, tahukah kamu setelah melahirkan beberapa ibu mengalami baby blues. Baby blues merupakan kondisi dimana suasana hati ibu setelah melahirkan mengalami gangguan. Kondisi ini akan menyebabkan ibu mudah sedih, lelah, mudah marah, menangis tanpa alasan yang jelas, mudah gelisah, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Meskipun begitu, baby blues jarang dikenali oleh ibu karena banyak yang merasa bahwa kondisi tersebut lumrah terjadi ketika baru mempunyai seorang anak. Nyatanya kondisi ini tidak boleh disepelekan loh. Berikut 5 tanda apabila kamu mengalami baby blues setelah melahirkan.

Mudah Merasa Sedih dan Depresi Tanpa Alasan yang Jelas

Mudah merasa sedih dan depresi tanpa alasan yang jelas/ foto : Freepik.com
Mudah merasa sedih dan depresi tanpa alasan yang jelas/ foto: freepik.com

Setelah melahirkan, kehidupan seorang wanita tentunya akan berubah. Terkadang ,pengalaman baru menjadi seorang ibu menyebabkan seorang wanita sulit menyesuaikan waktunya. Sehingga terkadang ibu merasa lelah dan mudah menangis.

Namun, apabila setelah melahirkan kamu mudah menangis dan merasa depresi tanpa alasan yang jelas hal itu perlu kamu waspadai. Karena itu merupakan tanda bahwa kamu telah mengalami baby blues. Biasanya tanda ini diawali dengan keluarnya air mata secara tiba tiba tanpa ada alasan. Apabila kamu mengalami hal serupa sebaiknya cepat untuk konsultasi ke ahli agar baby blues yang terjadi padamu segera diatasi.

Mudah Marah dan Tersinggung

Mudah marah dan tersinggung/ foto : Freepik.com
Mudah marah dan tersinggung/ foto: freepik.com

Ketika seorang ibu marah dan tersinggung terhadap sikap yang ditunjukkan oleh bayinya, bisa jadi ini merupakan tanda terjadinya baby blues. Adapun saat kamu merasa tersinggung dan marah terhadap perkataan orang lain padahal orang maksud orang tersebut baik dan tidak bermaksud menyinggung itu juga bisa merupakan gejala bahwa kamu telah mengalami baby blues. Karena salah satu gejala yang ditunjukkan oleh penderita baby blues ada mudah marah dan tersinggung.

3. Merasa Cemas dan Kurang Percaya Diri

Merasa cemas dan kurang percaya diri/ foto: Freepik.com
Merasa cemas dan kurang percaya diri/ foto: freepik.com

Salah satu ciri yang ditunjukkan oleh penderita baby blues adalah merasa cemas dan juga kurang percaya diri. Merasa cemas dan kurang percaya diri sebenarnya hal yang wajar terjadi kepada seorang ibu baru. Namun, apabila secara berlebihan itu bukanlah suatu yang dapat diwajarkan. Karena penderita baby blues cenderung sering merasa cemas secara dan kurang percaya diri secara berlebihan ketika mengurus bayinya. Apabila ciri ini pernah kamu rasakan itu mengindikasikan bahwa kamu telah mengalami baby blues. Ketika hal seperti itu muncul kamu perlu konsultasikan kepada dokter karena jika dibiarkan akan berbahaya bagi kamu dan bayimu. 

4. Mudah Lelah, Sulit Tidur, dan Sulit Berkonsentrasi

Mudah lelah, sulit tidur, dan sulit berkonsentrasi
Mudah lelah, sulit tidur, dan sulit berkonsentrasi/ Foto: freepik.com

Lelah dan sulit tidur merupakan sesuatu yang pasti dialami seorang ibu baru karena tenaga ibu pasti terkuras ketika mengurus bayi. Tetapi apabila kamu merasa lelah yang luar biasa dan sulit tidur serta sulit berkonsentrasi, itu bisa saja mengindikasikan kamu mengalami baby blues. Karena ciri tersebut merupakan salah satu tanda yang muncul ketika kamu mengalami baby blues.

5. Menjadi Tidak Sabaran

Menjadi tidak sabaran
Menjadi tidak sabaran/ foto: freepik.com

Apabila sebelum melahirkan kamu seorang yang penyabar namun setelah melahirkan dan mengasuh bayi kamu berubah menjadi orang yang tidak sabaran kamu perlu waspada karena kamu telah terindikasi mengalami baby blues. Hal ini dikarenakan suasana hati kamu berubah setelah melahirkan. Perubahan suasana hati ini menyebabkan kamu merasa apa yang kamu dan orang lain lakukan terasa lambat dan tidak sesuai keinginan yang menyebabkan kamu berubah menjadu orang yang tidak sabaran.

Itulah 5 tanda apabila kamu mengalami baby blues. Apabila kamu mengalami tanda tanda tersebut sebaiknya beri tahu orang terdekatmu dan segera periksa ke dokter. Jangan sampai baby blues ini membahayakan dirimu dan bayimu sendiri ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id