sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Waspada, Kebiasaan Jelek Orangtua Ini Ternyata Bisa Ditiru Anak, Lho!

Rumaysha Milhania | Kamis, 03 Sep 2020 07:30 WIB
Waspada, Kebiasaan Jelek Orangtua Ini Ternyata Bisa Ditiru Anak, Lho!
caption
Jakarta -

Anak lebih banyak belajar dari pengamatan daripada mendengarkan nasihat dan arahan. Itulah sebabnya kamu harus lebih waspada saat berperilaku di depan mereka. Pasalnya, banyak orangtua yang tidak sadar bahwa mereka sedang memberikan contoh buruk yang nantinya akan ditiru oleh anak ke depannya.

Anak lebih banyak belajar dari pengamatan daripada mendengarkan nasihat dan arahan.
Parenting/ Sumber: Freepik.com

Menyelak Saat Mengantri

Saat mengajarkan anak untuk bersabar pastikan kamu juga menunjukkan bagaimana sabar itu dilakukan. Kebiasaan orangtua yang suka menyelak saat mengantri, menyerobot jalur saat menyetir, dan tidak sabar saat terjebak kemacetan akan menjadi contoh bagaimana orangtua bereaksi saat diminta menunggu. Jika kamu menunjukkan hal ini, dijamin si kecil akan menjadi sulit untuk bersabar.

Menghina atau Merendahkan Orang Lain

Tidak jarang orangtua kerap membicarakan temannya saat di telepon atau saat bertemu dengan sahabat dekat. Tanpa disadari, akan ada ucapan-ucapan menghina atau merendahkan yang nantinya akan membuat anak tanpa sadar juga memiliki perspektif yang sama saat melihat orang lain. Kebiasaan ini harus segera kamu hilangkan. Jika sulit, setidaknya hindari membicarakan orang lain di depan anak.


Tidak jarang orangtua kerap membicarakan temannya saat di telefon atau saat bertemu dengan sahabat dekat.
Kebiasaan Ibu/ Sumber: Freepik.com

Berbuat Seenaknya Pada Orang Lain

Bingung dengan anak yang tampak menyebalkan dan tidak memiliki empati? Mungkin ini adalah kebiasaan yang sering kamu contohkan tanpa sadar. Jika kamu suka menyuruh-nyuruh asisten rumah tangga atau orang lain dengan seenaknya, ia akan melihat bahwa itu adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Bisa jadi ia akan meniru kebiasaan itu saat berinteraksi dengan teman-temannya. 

Berkata Kasar

Duh! Hal yang satu ini harus benar-benar kamu antisipasi sejak awal. Perhatikan tiap ucapan dan kata-kata yang biasa kamu ucapkan saat berbicara dengan teman-teman. Tanpa sadar, kita sering berbicara kasar dengan teman dekat sambil bercanda. Anak-anak melihatnya sebagai sesuatu yang menyenangkan. Itulah sebabnya mereka bisa saja meniru kebiasaan buruk ini saat berbicara dengan orang.

Waspadai keberadaan anak saat sedang bertengkar dengan pasangan. Jangan sampai kamu bertengkar di depan anak karena itu dapat berisiko menimbulkan trauma.
Bertengkar Depan Anak/ Sumber: Freepik.com

Bertengkar dengan Pasangan

Terakhir, waspadai keberadaan anak saat sedang bertengkar dengan pasangan. Jangan sampai kamu bertengkar di depan anak karena itu dapat berisiko menimbulkan trauma. Trauma ini bisa terlihat dari kebiasaan anak yang mudah marah dan emosional saat bereaksi terhadap sesuatu yang tidak ia sukai. 

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu waspadai agar anak tidak meniru kebiasaan burukmu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id