sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Suka Duka Tinggal di Rumah Mertua Setelah Menikah, Benar Nggak ya?

Rumaysha Milhania | Senin, 31 Aug 2020 17:00 WIB
Suka Duka Tinggal di Rumah Mertua Setelah Menikah, Benar Nggak ya?
caption
Jakarta -

Tidak semua pasangan menikah dalam kondisi sudah memiliki rumah. Banyak dari pasangan baru harus menjalani masa-masa awal sebelum akhirnya mendapatkan tempat tinggal tetap. Sebagian dari mereka memilih untuk mengontrak, tapi tidak sedikit pula yang memilih untuk tinggal bersama orangtua atau mertua. Perlu diakui, tinggal bersama orangtua atau mertua setelah menikah memang masih menimbulkan banyak pro dan kontra. Jika kamu masih bingung memutuskan di mana kamu akan tinggal setelah menikah, simak ulasan mengenai plus minus tinggal di rumah mertua berikut ini.

Jika kamu memutuskan untuk tinggal bersama dengan orangtua atau mertua, tentu kamu bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk digunakan sebagia DP rumah atau membeli rumah nantinya.
Rumah Tangga Harmonis/ Sumber: Freepik.com

Bisa Menabung Lebih Banyak

Jika kamu memutuskan untuk tinggal bersama dengan orangtua atau mertua, tentu kamu bisa menyisihkan uang lebih banyak untuk digunakan sebagai DP rumah atau membeli rumah nantinya. Berbeda dengan tinggal mengontrak yang dapat mengeluarkan lebih banyak uang karena harus membayar kontrakan, listrik, air dan perabotan rumah sendiri.


Meluangkan Waktu dengan Orang Tua

Tinggal bersama orangtua dan mertua bisa memberikan jeda waktu setelah menikah sebelum akhirnya benar-benar hidup mandiri. Ini juga bisa menjadi momen yang baik bagi menantu dan mertua agar bisa menjadi lebih dekat dan mengenal satu sama lain. Menjalani masa awal pernikahan bersama dengan orangtua juga bisa memberikan waktu bagi kamu berdua untuk bisa belajar tentang kehidupan pernikahan dari orangtua dan mertua.

Tinggal bersama mertua bisa menjadi momen yang baik bagi menantu dan mertua agar bisa menjadi lebih dekat dan mengenal satu sama lain.
Tinggal bersama mertua/ Sumber: Freepik.com

Waktu Berdua Menjadi Lebih Sedikit

Sayangnya, banyak pasangan yang mengaku kehilangan kesempatan untuk bisa berdua dengan pasangan. Meskipun kamu bisa pergi kencan berdua, waktu di rumah akan dihabiskan bersama-sama. Tentu akan sangat tidak sopan jika kamu tidak berinteraksi dengan keluarga sama sekali.

Kehilangan Kesempatan untuk Belajar Mandiri

Banyak pasangan mengaku menjadi lebih santai menjalani kehidupan rumah tangga. Pasalnya, tinggal di rumah orangtua berarti memiliki fasilitas yang lengkap dan serba ada secara instan. Sedangkan hidup mengontrak dapat memberikan kesempatan untuk bisa belajar hidup dan menjalani rumah tangga lebih mandiri.

Potensi Konflik dengan Ipar dan Mertua

Terakhir, tinggal bersama dengan orangtua juga dapat berpotensi menimbulkan konflik dengan keluarga. Tidak bisa dipungkiri, semakin sering berinteraksi, maka semakin besar pula kemungkinan untuk adanya perselisihan. Jika kamu tidak menginginkannya, mungkin mengontrak akan menjadi solusi aman untuk kehidupan yang lebih aman.

Selain itu, tinggal bersama mertua atau orangtua juga bisa memberikan kemudahan di saat kamu memiliki anak.
Tinggal bersama mertua/ Sumber: Freepik.com

Selain itu, tinggal bersama mertua atau orangtua juga bisa memberikan kemudahan di saat kamu memiliki anak. Pasalnya, mertua, orangtua atau ipar dapat membantumu mengurus anak saat kamu sedang sibuk. Namun, apapun pilihanmu, semuanya memberikan kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Namun yang pasti, lakukan yang terbaik untuk bisa menentukan mana yang tepat untukmu dan pasanganmu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id