sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

11 Kesalahan yang Paling Umum Dilakukan Saat Menggunakan Kondom

Rumaysha Milhania | Selasa, 13 Oct 2020 20:00 WIB
11 Kesalahan yang Paling Umum Dilakukan Saat Menggunakan Kondom
caption
Jakarta -

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan dan penularan penyakit menular seksual sekaligus. Itulah sebabnya, penggunaannya sangat disarankan untuk bisa melindungi diri lebih optimal.

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan dan penularan penyakit menular seksual sekaligus.
Menggunakan Kondom/ Sumber: Freepik.com

Akan tetapi, masih banyak pasangan yang ternyata salah dalam menggunakan kondom itu sendiri. Simak 11 kesalahan dalam menggunakan kondom yang umum dilakukan berikut ini:

  • Tidak memeriksa bungkus kondom apakah ada kerusakan. Kondom dapat dengan mudah rusak, terutama jika disimpan di dalam dompet, saku, atau tas. Kondom yang rusak tidak akan melindungi kamu dari IMS dan kehamilan
  • Tidak memeriksa tanggal kedaluwarsa. Kondom yang sudah kedaluwarsa tidak akan melindungi kamu dari IMS dan kehamilan yang tidak diinginkan
  • Memakai kondom setelah berhubungan seks dimulai.¬†Kamu perlu memakai kondom sebelum kamu mulai berhubungan seks / sebelum alat kelamin bersentuhan dengan pasangan. Jika kamu hanya memakai kondom sebelum ejakulasi, kamu dan pasangan tidak akan terlindungi dari IMS atau kehamilan karena kemungkinan cairan tubuh sudah tertukar.
  • Tidak memegang ujung saat memasang kondom. Saat kamu memasang kondom, penting untuk menekan ujungnya, untuk membuang udara. Jika tidak, kondom kemungkinan besar akan rusak
  • Memakai kondom terbalik, lalu membaliknya. Memutar kondom dengan cara yang salah (agar tidak menggulung) adalah kesalahan yang umum terjadi. Jika ini terjadi, buka kondom baru untuk menghindari paparan cairan yang mungkin mengandung sperma atau risiko IMS.
Memutar kondom dengan cara yang salah (agar tidak menggulung) adalah kesalahan yang umum terjadi. Jika ini terjadi, buka kondom baru untuk menghindari paparan cairan yang mungkin mengandung sperma atau risiko IMS.
Kesalahan Saat Menggunakan Kondom/ Sumber: Freepik.com
  • Melepas kondom terlalu cepat. Setiap kali area genital bersentuhan, kamu harus menggunakan kondom untuk mencegah risiko IMS atau kehamilan terjadi. Ini termasuk setelah ejakulasi.
  • Menggunakan kondom yang disimpan di dompet atau tas selama lebih dari satu bulan. Kondom bisa menjadi hangat saat berada di dalam dompet atau tas. Suhu yang panas ini dapat merusaknya.¬†
  • Tidak memegang pangkal kondom saat menarik penis. Pastikan kondom yang kamu gunakan benar-benar terlepas dengan baik tanpa meninggalkan cairan di area vagina. Jika tidak, ini dapat menyebabkan kondom lepas yang berarti ada risiko kehamilan dan / atau penularan IMS.
  • Menggunakan pelumas berbahan dasar minyak dengan kondom. Menggunakan pelumas adalah ide yang bagus, tetapi pastikan pelumas tersebut berbahan dasar air. Produk lain, yang tidak ditujukan untuk seks, sering kali berbahan dasar minyak dapat menyebabkan kondom rusak.
Penting untuk memakai kondom dengan ukuran yang benar. Terlalu besar dan bisa lepas, terlalu kecil bisa robek.
Cara Menggunakan Kondom/ Sumber: Freepik.com
  • Menggunakan kondom yang terlalu besar atau terlalu kecil. Penting untuk memakai kondom dengan ukuran yang benar. Terlalu besar dan bisa lepas, terlalu kecil bisa robek.
  • Tidak menggunakan kondom pada sex toy. Jika kamu dan pasangan mengunakan sex toy, seperti vibrator, kamu harus menggunakan kondom untuk mencegah risiko IMS.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu tentang penggunaan kondom. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id