sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kenali Ciri Sperma Sedikit dan Cara Tepat untuk Mengetahuinya

Rumaysha Milhania | Senin, 28 Sep 2020 02:00 WIB
Kenali Ciri Sperma Sedikit dan Cara Tepat untuk Mengetahuinya
caption
Jakarta -

Punya masalah dengan jumlah sperma yang sedikit? Simak cara tepat untuk memeriksanya berikut ini!

Ciri-Ciri Sperma Sedikit

Satu hal yang harus kamu tahu kamu mungkin tidak akan mengalami tanda atau gejala kualitas sperma yang rendah sampai kamu berkeluarga. Pasalnya, gejala utama oligospermia adalah infertilitas.


Satu hal yang harus kamu tahu kamu mungkin tidak akan mengalami tanda atau gejala kualitas sperma yang rendah sampai kamu berkeluarga.
Sperma Sedikit/ Sumber: Freepik.com

Ada beberapa penyebab jumlah sperma rendah yang umum terjadi di banyak pria, mulai dari akibat ketidakseimbangan hormon, kelainan kromosom, masalah testis, atau penyumbatan saluran air mani. Kamu mungkin akan mengalami gejala yang berkaitan dengan kondisi tersebut. Di samping itu, beberapa gejala lain juga mungkin terjadi, seperti dilansir dari Healthline:

  • dorongan seks rendah
  • disfungsi ereksi
  • bengkak atau nyeri di dalam atau di sekitar testis
  • sedikitnya pertumbuhan rambut di wajah atau tubuh

Mendiagnosis Jumlah Sperma Rendah

Jika kamu melakukan hubungan seks tanpa kondom secara teratur selama setahun terakhir dan itu belum membuat istrimu hamil, kamu mungkin perlu mengunjungi dokter. Hal ini harus segera dilakukan, apalagi jika kamu memiliki masalah ejakulasi, nyeri pada testis, atau sejarah tindakan operasi sebelumnya. Diagnosis untuk jumlah sperma rendah biasanya melibatkan pemeriksaan fisik, analisis riwayat kesehatan, dan analisis air mani.

Analisis air mani mungkin akan sangat membantu dalam mendapatkan diagnosis yang tepat, karena sperma kamu dapat dihitung di bawah mikroskop dan diperiksa motilitas (gerakan) dan morfologi (bentuk) secara langsung.
Sperma/ Sumber: Freepik.com

Analisis air mani mungkin akan sangat membantu dalam mendapatkan diagnosis yang tepat, karena sperma kamu dapat dihitung di bawah mikroskop dan diperiksa motilitas (gerakan) dan morfologi (bentuk) secara langsung. Dokter juga mungkin ingin mengulang analisis untuk memastikan hasil yang konsisten karena variabilitas yang tinggi antar sampel.

Kemungkinan besar pria yang diperiksa akan diberikan wadah di tempat praktik dokter. Kemudian ia akan diminta melakukan masturbasi dan ejakulasi ke dalam wadah. Ini dapat dilakukan di klinik atau di rumah. Jika kamu memilih untuk mendapatkan sampel sperma di rumah, kamu akan diinstruksikan tentang cara menyimpan sampel sperma dengan tepat hingga kamu dapat membawanya ke lab dalam waktu satu jam tanpa ada kurang satu apapun.

Jika kamu memilih untuk mendapatkan sampel sperma di rumah, kamu akan diinstruksikan tentang cara menyimpan sampel sperma dengan tepat hingga kamu dapat membawanya ke lab dalam waktu satu jam tanpa ada kurang satu apapun.
Tes Sperma/ Sumber: Freepik.com

Selain itu, beberapa tes lain mungkin juga akan dilakukan, seperti:

  • tes darah untuk memeriksa hormon atau kromosom
  • USG untuk memvisualisasikan testis atau prostat
  • biopsi untuk mengevaluasi produksi sperma jika terjadi penyumbatan

Nah, itulah yang harus kamu tahu tentang ciri-ciri sperma sedikit dan cara pemeriksaan yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya! 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id