sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Apakah Wanita Bisa Hamil Jika Seks Dilakukan Saat Menstruasi?

Rumaysha Milhania | Selasa, 23 Feb 2021 02:00 WIB
Apakah Wanita Bisa Hamil Jika Seks Dilakukan Saat Menstruasi?
Kehamilan/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Tahukah kamu jika wanita tetap memiliki kemungkinan hamil meskipun saat sedang menstruasi? Ini mungkin sangat mengejutkan bagi sebagian orang. Namun, kenyataannya adalah begitu. Wanita masih memiliki kemungkinan untuk hamil meskipun seks dilakukan saat ia sedang menstruasi. Ini dia beberapa penyebab yang memungkinkan wanita hamil saat menstruasi:

  • Jika seorang wanita mengalami pendarahan yang menurutnya adalah menstruasi, tetapi pendarahan itu berasal dari ovulasi. Ovulasi adalah pelepasan telur bulanan dari ovarium wanita. Ini adalah waktu di mana dia kemungkinan besar akan hamil jika dia berhubungan seks.
  • Jika ovulasi terjadi sebelum pendarahan dari menstruasi seorang wanita berhenti.
  • Jika ovulasi terjadi dalam beberapa hari setelah menstruasi seorang gadis selesai. Kondisi ini memungkinkan sperma untuk bisa membuahi sel telur selama 3 hari. Jadi, jika seorang gadis berhubungan seks pada hari terakhir haid dan berovulasi dalam beberapa hari berikutnya, sperma mungkin masih bisa membuahi sel telur.
Jika kamu tidak berencana untuk hamil, berhubungan seks saat menstruasi kemungkinan tidak akan membantu kamu sepenuhnya untuk menghindari kehamilan.
Ibu hamil/ Sumber: Freepik.com

Jika kamu tidak berencana untuk hamil, berhubungan seks saat menstruasi kemungkinan tidak akan membantu kamu sepenuhnya untuk menghindari kehamilan. Selalu ada kemungkinan kamu bisa hamil selama sel telur dan sperma masih dapat bertemu. Jadi, sangat penting untuk selalu melindungi seks seperti dengan menggunakan beberapa bentuk kontrasepsi seperti memakai kondom atau minum pil KB.

Selalu ingat bahwa pil KB tidak akan menjadi penghalang terhadap penyakit menular seksual seperti herpes, gonore, atau klamidia.
Pil KB/ Sumber: Freepik.com

Namun, selalu ingat bahwa pil KB tidak akan menjadi penghalang terhadap penyakit menular seksual seperti herpes, gonore, atau klamidia. Untuk melindungi diri kamu dari infeksi yang tidak diinginkan, mintalah pasangan pasanganmu untuk selalu memakai kondom.

Dengan kata lain, siklus ovulasi seorang wanita dapat bervariasi. Dengan begitu secara statistik mungkin kamu juga bisa hamil meskipun seks dilakukan saat menstruasi sekalipun. Meskipun kehamilan lebih kecil pada hari-hari awal menstruasi, kemungkinan ini akan meningkat di hari-hari berikutnya.

Jika kamu sedang mencoba untuk hamil dan belum hamil setelah setahun atau lebih melakukan rutin, kamu dapat segera berkonsultasi dengan dokter.
Dokter kandungan/ Sumber: Freepik.com

Jika kamu sedang mencoba untuk hamil dan belum hamil setelah setahun atau lebih melakukan rutin, kamu dapat segera berkonsultasi dengan dokter. Mereka dapat merekomendasikan metode pelacakan ovulasi untuk membantu meningkatkan peluang untuk hamil. Dokter juga dapat memberikan pemeriksaan dan perawatan yang akan membantu kamu meningkatkan peluang pembuahan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id