sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Do's and Don'ts Setelah Berhubungan Seks yang Harus Kamu Perhatikan

Rumaysha Milhania | Senin, 12 Oct 2020 20:00 WIB
Do's and Don'ts Setelah Berhubungan Seks yang Harus Kamu Perhatikan
caption
Jakarta -

Tahukah kamu jika membersihkan diri setelah seks ternyata sangat penting? Simak do's and don'ts setelah berhubungan seks yang harus kamu lakukan berikut ini!

Bersihkan Diri

Membersihkan diri setelah berhubungan seks bisa melindungi diri dari infeksi, seperti infeksi saluran kemih (ISK). Cuci area di sekitar alat kelamin dengan air hangat biasa. Kamu dapat mencoba sabun dengan formula lembut, tetapi jika kamu memiliki kulit sensitif atau sudah mengalami infeksi, sabun tersebut dapat mengeringkan atau mengiritasi area tersebut. 


Jangan Langsung Bersihkan Vagina dengan Sabun

Beberapa wanita berpikir bahwa mereka perlu membersihkan bagian dalam vagina setelah berhubungan seks dengan air dan sabun. Tetapi ini ternyata dapat menyebabkan lebih banyak infeksi. Pasalnya, mencuci bagian dalam vagina berisiko mengganggu keseimbangan alami bakteri yang melindungi vagina. Cara terbaik untuk merawat vagina setelah berhubungan seks adalah dengan membiarkannya. Pahami bahwa vagina akan membersihkan dirinya sendiri secara alami.

Beberapa wanita berpikir bahwa mereka perlu membersihkan bagian dalam vagina setelah berhubungan seks dengan air atau cairan yang sudah dikemas sebelumnya.
Setelah Seks/ Sumber: Freepik.com

Buang Air Kecil

Saat berhubungan seks, bakteri bisa masuk ke uretra, yaitu saluran yang membawa urin keluar dari tubuh. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan kamu terkena infeksi. Saat kamu buang air kecil, kamu akan mengeluarkan kuman-kuman itu. Jadi nikmati waktu berpelukan dengan pasanganmu, lalu pergilah ke kamar mandi. Pada wanita, bersihkan area kelamin setelah buang air dengan menyekanya dari depan ke belakang untuk menghentikan penyebaran bakteri.

Karena buang air kecil setelah berguling-guling di atas jerami adalah ide yang bagus, jangan lupa minum air.
Minum Air/ Sumber: Freepik.com

Minum Segelas Air

Setelah mengeluarkan cairan dari tubuh, jangan lupa minum air. Jika kamu tetap terhidrasi, kamu akan buang air kecil lebih banyak, yang berarti lebih banyak bakteri akan keluar dari tubuhmu sebelum infeksi terjadi.

Kenakan Pakaian Longgar

Tempat yang panas dan penuh keringat adalah tempat yang sempurna bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Jadi kenakan pakaian dalam dan pakaian yang memungkinkan udara masuk. Wanita harus menghindari pantyhose, girdle, dan celana dalam yang terlalu ketat. Celana dalam katun cocok untuk pria dan wanita karena dapat memberikan sirkulasi udara yang baik dan menyerap kelembapan.

Tempat yang panas dan berkeringat adalah tempat yang sempurna bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.
Tidur Setelah Seks/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang harus dan tidak boleh kamu lakukan setelah berhubungan badan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id