sign up SIGN UP

Jangan Disepelekan! Ini Alasan Mengapa Harus Pipis Setelah Berhubungan Seks, dari Segi Kesehatan

Octaviani | Kamis, 29 Jul 2021 22:30 WIB
Jangan Disepelekan! Ini Alasan Mengapa Harus Pipis Setelah Berhubungan Seks, dari Segi Kesehatan
caption

Hai Beauties, untuk kamu yang sudah menikah, berhubungan seks adalah suatu kebutuhan batin yang harus terpenuhi. Biasanya setelah bercinta, apa yang kamu lakukan?

Berpelukan, pillow talk atau malah langsung tertidur? Boleh-boleh saja Beauties, asalkan kamu tidak lupa untuk bersih-bersih dan buang air kecil setelah bercinta. Kenapa demikian?

Pillow talk setelah bercinta
Pillow talk setelah bercinta/freepik.com

Melansir dari Himedik, setiap wanita wajib buang air kecil setelah bercinta. Pasalnya, dengan pipis bisa mengurangi risiko terkena ISK atau infeksi saluran kencing. ISK biasanya muncul dengan rasa nyeri di punggung bawah serta rasa ingin buang air kecil tapi tidak keluar yang sering disebut anyang-anyangan. Selain itu, juga muncul rasa perih ketika buang air kecil. Dan kondisi terburuk yang bisa terjadi, yakni ketika darah bisa muncul ketika buang air kecil.

"Dengan buang air kecil, baik sebelum dan sesudah berhubungan seks, (membuat) aliran urin secara otomatis membersihkan dan membuang bakteri yang bisa masuk ke uretra, tempat Anda buang air kecil," kata Ginekolog dr Alyssa Dweck, seperti dikutip dari Insider.

Ia juga menambahkan, buang air kecil memang bermanfaat baik untuk pria maupun wanita. Namun untuk wanita buang air kecil setelah berhubungan seks memiliki manfaat lebih. Dilihat dari anatominya, uretra, vagina dan rektum letaknya berdekatan, hal ini menyebabkan kuman lebih berisiko berpindah dari rektum mendekati uretra yang sangat besar, sehingga sangat penting untuk buang air kecil setelah hubungan seks, Beauties.

Pentingnya Foreplay Sebelum Seks/pexels.com/intimacyIlustrasi berhubungan seks/Foto: pexels.com/intimacy

Terkadang memang tak bisa dipungkiri kalau setelah bercinta, ada rasa malas untuk bergerak dari tempat tidur atau langsung ingin tidur karena kelelahan.

Lalu bagaimana jika belum ada dorongan untuk pipis? Melansir dari Healthline, ada beberapa cara untuk memancing kamu bisa buang air kecil:

  • Minum banyak air sebelum dan sesudah berhubungan seks. Lebih banyak air yang dikonsumsi akan membuat kandung kemih meregang dan menimbulkan keinginan untuk buang air kecil.
  • Duduklah di toilet, ambil waktu beberapa menit sebagai rangsangan agar kemih mengeluarkan isinya.
  • Mendengarkan suara air bisa menjadi cara untuk menstimulasi keinginan buang air kecil.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id