sign up SIGN UP

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Berhubungan Seks

Rumaysha Milhania | Sabtu, 12 Jun 2021 02:00 WIB
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Berhubungan Seks
caption

Menjaga kebersihan setelah seks merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Di sisi lain, ada 5 hal yang tidak boleh dilakukan setelah seks. Yuk, simak!

1. Hindari membersihkan vagina setelah berhubungan seks

Membersihkan vagina bagian dalam setelah seks dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih. Meskipun douching setelah berhubungan seks sering dipasarkan sebagai cara yang aman dan sehat untuk mencegah kehamilan atau infeksi menular seksual, para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak melakukan douching karena ini dapat "mengubah flora normal vagina" dan akan meningkatkan risiko ISK, infeksi jamur, dan bakterial vaginosis, yaitu suatu kondisi yang disebabkan oleh peradangan vagina ketika ada pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Membersihkan vagina bagian dalam setelah seks dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih.
Setelah Seks/ Sumber: Freepik.com

2. Jangan simpan mainan seks tanpa membersihkannya secara menyeluruh

Mainan seks harus dibersihkan secara teratur setelah digunakan. Sama seperti kamu harus membersihkan tubuh kamu setelah berhubungan seks, kamu juga harus membersihkan mainan seks yang kamu gunakan. Ingat, jika mainan biasanya sintetis dan bisa menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri. Menjaga kebersihannya sangat penting untuk menghindari adanya risiko infeksi. 

3. Jangan mengenakan pakaian atau pakaian dalam yang ketat segera setelah berhubungan seks

Pakaian ketat bisa menjebak bakteri, khususnya di dalam area-area intim. Mengenakan sesuatu yang ketat segera setelah berhubungan seks bukanlah hal yang baik karena biasanya ada kelebihan cairan tubuh dan gesekan menyebarkan bakteri ke sekitarnya. Jadi, ada baiknya membiarkan adanya sirkulasi udara yang baik. 

Pakaian ketat bisa menjebak bakteri, khususnya di dalam area-area intim.
Seks/ Sumber: Freepik.com

4. Menutupi kondisi kesehatan seksual dengan pasangan

Jika kamu adalah seseorang yang aktif secara seksual dan telah beberapa kali berganti pasangan, sangat dianjurkan untuk secara teratur memeriksa kesehatan alat reproduksimu dan apakah itu bersih dari penyakit menular seksual. Setelah itu,  pastikan kamu terbuka dengan pasanganmu tentang kondisi kesehatan seksualmu apa adanya. Kamu tidak boleh menunggu sampai setelah berhubungan seks untuk berkomunikasi secara terbuka dan jujur ​​dengan pasangan kamu tentang segala kekhawatiran yang mungkin kamu miliki.

5. Jangan mengambil ponsel atau remote TV setelah seks

Setelah seks, pastikan kamu memberikan jeda sebelum lanjut ke aktivitas lain. Biarkan dirimu dan pasanganmu bersantai sejenak dan berbincang hangat. Ini dapat menjadi momen yang bagus untuk kamu berdua membicarakan banyak hal, khususnya untuk hal-hal seputar hubungan kalian. Rutin melakukan pillow talk setelah seks atau sebelum tidur akan memberikan dampak yang baik untuk hubungan kalian berdua. 

Setelah seks, pastikan kamu memberikan jeda sebelum lanjut ke aktivitas lain. Biarkan dirimu dan pasanganmu bersantai sejenak dan berbincang hangat.
Setelah Seks/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu hindari setelah seks. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk lebih baik dalam menjalani hubungan dengan pasangan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id