sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Yang Sudah Menikah Wajib Tahu! Ini Cara Saling Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Agar Hubungan Tetap Hangat

Fina Prichilia | Sabtu, 17 Jul 2021 22:30 WIB
Yang Sudah Menikah Wajib Tahu! Ini Cara Saling Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi Agar Hubungan Tetap Hangat
Kiat saling jaga kesehatan mental bagi pasangan sudah menikah/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Menjaga kesehatan mental nggak cuma ke diri sendiri saja, Beauties. Tapi juga tentang kamu menjaga kesehatan mental pasanganmu, dan pasangan kepada kamu.

Terlebih, di masa pandemi yang mana tak sedikit orang mengaku, malah lebih sering ribut atau hubungannya kandas.

"Kesehatan mental dan pasangan bisa saling berhubungan, karena pasangan merupakan salah satu bagian dari kehidupan kita," kata Psikolog Klinis Inez Kristanti dalam diskusi virtual bersama Durex #BreakTime, pada Jumat (16/7). Itu karena kondisi mental kita akan memengaruhi keseharian kita, terutama dalam berkomunikasi dan bersikap ke pasangan, Beauties.

Kiat Saling Menjaga Kesehatan Mental

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghadapi pasangan yang mengidap gangguan jiwa adalah mengedukasi diri sendiri.Pentingnya saling menjaga kesehatan mental /Foto: freepik/freepik

1. Komunikasi Jadi Kunci

"Kalau ngomongin konteks rumah tangga, komunikasi harus jelas. Tidak perlu lah kode-kodean. Misalnya karena sekarang lagi pandemi dan di rumah aja, maka harus dibagi siapa akan mengerjakan apa di rumah," kata Inez.

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting karena kita tak bisa saling membaca pikiran seseorang. Komunikasi juga berlaku soal urusan ranjang, Beauties. Apakah kamu sedang lelah, atau justru ingin 'mengajak' duluan misalnya.

"Perempuan tidak perlu malu untuk memulainya. Kalau kita butuh, kita bisa minta. Karena kan wanita juga ingin disayang dan ingin dimanja," katanya.

Membatasi penggunaan media sosial untuk kesehatan mentalPentingnya saling menjaga kesehatan mental/ sumber: freepik.com

2. Ciptakan Waktu Break Time

Urusan pekerjaan memang bisa padat dan melelahkan. Meski begitu, kamu dan pasangan perlu waktu break time untuk itu. Nggak perlu waktu lama, selama hal itu berkualitas.

"Bentuk break time bisa bervariasi dari masing-masing orang, seperti olahraga atau nonton bareng pasangan. Satu hal penting, break time nggak selalu soal kuantitas, tapi kualitas. Misalnya, 30 menit mengobrol dengan pasangan tanpa gangguan. Karena yang penting dalam kondisi WFH ini, kita harus bisa membagi partisi waktu untuk kerja dan beristirahat di rumah," jelasnya.

3. Menanyakan Kondisi Pasangan

Hal ini pun masih ada kaitannya dengan poin satu, yakni komunikasi. Berikan perhatian dengan menanyakan kondisi, apakah ia lelah, memastikan ia tidak lupa untuk istirahat, dan sebagainya.

4. Tetap Intim Nggak Selalu Soal Seks

Menjaga intimasi pasangan menikah nggak selalu dengan berhubungan seks. Karena bisa jadi, kamu dan pasangan memang sedang lelah. Atau kamu baru melahirkan. Sebab bentuk-bentuk intimasi lainnya bisa dengan menyentuh dan memberikan pelukan hangat.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id