sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Langkah Tepat untuk Mengendalikan Kecanduan Seks

Rumaysha Milhania | Sabtu, 01 Aug 2020 16:00 WIB
Langkah Tepat untuk Mengendalikan Kecanduan Seks
Sex Addiction/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Apa Itu Kecanduan Seks?

Pada dasarnya, ada banyak sekali kontroversi seputar diagnosis mengenai sex addiction atau "kecanduan seks." Berdasarkan edisi ke-5 dari buku Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5), kecanduan seks masih terus dipelajari dalam lingkaran psikologi dan konseling.

Pada dasarnya, definisi
Kecanduan Seks/ Sumber: Freepik.com

Pada dasarnya, definisi "kecanduan seks" digambarkan sebagai sebuah kondisi dimana seks menjadi kebutuhan kompulsif sebagaimana yang terjadi pada gangguan penggunaan alkohol dan obat-obatan. Bagi sebagian orang, kecanduan seks dapat menjadi sangat berbahaya dan mengakibatkan banyak masalah dalam hubungan.

Selain itu, diyakini juga bahwa seseorang dengan kecanduan seks cenderung sulit setia karena terus mencari banyak pasangan seks. Selain itu, ini juga bisa ditandai dengan adanya kecenderungan untuk masturbasi, melihat pornografi, atau berada dalam situasi yang merangsang secara seksual.


Apa Gejala Kecanduan Seks?

Salah satu karakteristik mungkin terlihat pada perilaku orang dengan gangguan kecanduan seks adalah ia tampak sangat terampil dalam menjaga privasinya dari pasangan dan keluarga. Hal ini ditandai dengan dirinya yang selalu ingin sendiri dan tidak ingin aktivitasnya diketahui oleh orang lain, termasuk orang terdekatnya. Selain itu, beberapa tanda dari kecanduan seks dapat dilihat dari:

  1. Pemikiran dan fantasi seksual yang kronis dan obsesif
  2. Hubungan singkat dengan banyak pasangan, termasuk orang asing
  3. Berbohong untuk menutupi perilaku
  4. Selalu ingin berhubungan seks, bahkan di saat sedang di tengah-tengah aktivitas harian
  5. Ketidakmampuan untuk menghentikan atau mengendalikan perilaku
Perbedaan tingkat hasrat seksual antara pasangan tidak berarti bahwa satu pasangan memiliki kecanduan seks pada pasangannya.
Sex Addiction/ Sumber: Freepik.com

Namun, harus dipahami bahwa menikmati aktivitas seksual berbeda dengan kecanduan seks. Seks adalah aktivitas manusia yang sehat, dan menikmatinya adalah hal yang normal dan sangat wajar. Di samping itu, perbedaan tingkat hasrat seksual antara pasangan tidak berarti bahwa satu pasangan memiliki kecanduan seks pada pasangannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Seks?

Pada dasarnya, mengingat kecanduan seks masih sulit untuk didiagnosis, pilihan pengobatan berdasarkan kondisi yang pasti masih belum banyak alternatif. Namun, beberapa perawatan yang bisa kamu coba untuk masalah kecanduan seks antara lain:

Pada masa itu mereka harus bisa mengolah dan meredam keinginan tersebut hingga akhirnya bisa kembali beraktivitas normal.
Terapi Karantina/ Sumber: Freepik.com

Program Karantina

Ada banyak pusat perawatan rawat inap yang menawarkan program karantina untuk pemulihan kecanduan seks. Mereka yang memiliki ketergantungan pada seks dapat diasingkan dari kehidupan normal sehari-hari mereka selama setidaknya 30 hari. Pada masa itu mereka harus bisa mengolah dan meredam keinginan tersebut hingga akhirnya bisa kembali beraktivitas normal.

Terapi Perilaku Kognitif

Jenis terapi ini dapat membantu seseorang dalam mengenali pemicu impuls seksual. Dengan mengetahui pemicunya, mereka akhirnya akan tahu cara mengubah perilaku yang paling efektif. Ini dicapai melalui sesi personal dengan terapis kesehatan mental berlisensi.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu tahu seputar kecanduan seks. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id