sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Cuma Olahraga, 5 Kegiatan Simpel Ini Juga Membakar Kalori Lho!

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 29 Jul 2020 12:00 WIB
Bukan Cuma Olahraga, 5 Kegiatan Simpel Ini Juga Membakar Kalori Lho!
caption
Jakarta -

Salah satu tips untuk mengurangi berat badan adalah dengan melakukan defisit kalori. Artinya, kamu harus membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang masuk. Tapi, cara untuk membakar kalori bukan hanya dengan berolahraga lho! Saat kamu tidak melakukan kegiatan apapun, tubuh tetap membakar kalori. Sebab, saat organ tubuhmu bekerja untuk mencerna makanan, memompa darah dan lain-lain, hal itu juga membutuhkan kalori sebagai sumber energi. Nah selain itu, kegiatan-kegiatan sederhana berikut ini juga bisa membantu membakar kalorimu.

Tertawa

Tertawa dapat mengurangi ketegangan otot, melepaskan endorfin dan membakar kalori.
Tertawa/freepik.com

Bercanda dan tertawa bersama keluarga atau teman merupakan hal yang menyenangkan. Selain itu, tertawa juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Misalnya saja seperti mengurangi ketegangan otot, melepaskan endorfin dan membakar kalori. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan tertawa, maka hal ini akan menyebabkan kenaikan energi sebanyak 10 sampai 20 persen. Sehingga saat kamu tertawa selama 10 menit, tubuhmu akan membakar 10 sampai 40 kalori.


Berbelanja

Hayo, apakah kamu hobi berbelanja? Tanpa kamu sadari, berbelanja juga bisa menjadi aktivitas yang membakar kalori. Berkeliling di pasar maupun berjalan-jalan di mal dengan tempo yang lebih cepat bisa menjadi olahraga yang menyenangkan. Ketika kamu berbelanja selama 1 jam, kamu sudah berhasil membakar kalori sebanyak 156 kkal. Tentunya kalori yang kamu bakar akan lebih banyak jika kamu berjalan sambil membawa barang belanjaanmu.

Tidur

Setiap tidur, kamu membakar sekitar 0,42 kalori per pounds menurut FitDay.
Tidur/pinterest.com

Eits, jangan salah! Tidur juga dapat membakar kalori di tubuhmu lho, Beautynesian. Namun jumlah kalori yang kamu bakar saat tidur tergantung dari berat badan. Setiap tidur, kamu membakar sekitar 0,42 kalori per pounds menurut FitDay. Jadi, kalau berat badanmu sekitar 150 pounds artinya kamu sudah membakar 63 kalori selama satu jam kamu tertidur.

Bekerja di Balik Meja

Untuk para pekerja kantoran, kegiatannya tentu lebih banyak duduk di balik meja. Meskipun kelihatannya kegiatan ini enggak membutuhkan banyak gerakan, nyatanya dengan bekerja di balik meja kamu juga sudah bisa membakar kalori. Jika kamu bekerja selama 6 jam di kantor, kalori yang sudah berhasil dibakar sekitar 612 kkal. Lumayan banget, kan?

Seks

Ketika kamu melakukan hubungan seks selama 30 menit, kamu sudah berhasil membakar sebanyak 60 kalori untuk pria dan 53 kalori untuk wanita.
Seks/freepik.com

Berhubungan intim bukan hanya bermanfaat meningkatkan mood dan semangat saja. Dengan melakukan hal ini, tubuh juga akan membakar kalori. Ketika kamu melakukan hubungan seks selama 30 menit, kamu sudah berhasil membakar sebanyak 60 kalori untuk pria dan 53 kalori untuk wanita. Akan tetapi, jumlah kalori yang terbakar tergantung dari posisinya. Hal ini karena posisi hubungan seks juga bisa memengaruhi otot tertentu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id