sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Masa Emas SEKS, Kapan Saja?

Rumaysha Milhania | Kamis, 29 Apr 2021 23:00 WIB
Masa Emas SEKS, Kapan Saja?
caption

Jangan percaya mitos tentang seks yang memudar seiring bertambahnya usia. Hubungan dan seks tetap menjadi bagian penting dari kehidupan bagi banyak orang di usia paruh baya dan seterusnya.

Jangan percaya mitos tentang seks yang memudar seiring bertambahnya usia. Hubungan dan seks tetap menjadi bagian penting dari kehidupan bagi banyak orang di usia paruh baya dan seterusnya.
Seks di masa tua/ Sumber: Freepik.com

Asosiasi Pensiunan Amerika (AARP) merilis laporan seks untuk mereka yang sudah berusia lanjut. Ada beberapa temuan yang cukup menarik untuk kamu tahu:

Lebih dari setengah (51%) peserta mengatakan bahwa mereka "sangat" atau "agak" puas dengan kehidupan seks mereka, 31% mengungkapkan perasaan netral tentang kepuasan seksual mereka. Ini menunjukkan bahwa kehidupan seks untuk mereka yang sudah melewati usia paruh baya tidak seburuk yang dipersepsikan banyak orang.

Selain itu, 60% dari partisipan setuju atau sangat setuju bahwa aktivitas seksual adalah bagian penting dari hubungan yang baik. Sekitar setengah (49%) setuju atau sangat setuju bahwa seks penting untuk kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Menariknya, 84% tidak setuju atau sangat tidak setuju bahwa seks hanya untuk orang yang lebih muda. 

Aktif Secara Seksual

Separuh dari responden mengatakan mereka memiliki pikiran seksual, fantasi, atau mimpi erotis setidaknya sekali seminggu, dengan hampir seperempat mengatakan mereka memiliki pikiran ini setidaknya sekali sehari. Survey ini juga mendapatkan data bahwa mereka yang berusia lanjut juga kerap kali aktif secara seksual, seprti dengan rutin berciuman atau berpelukan (69%), memberikan sentuhan atau belaian seksual (53%), dan aktif melakukan hubungan seksual (36%).

Separuh dari responden mengatakan mereka memiliki pikiran seksual, fantasi, atau mimpi erotis setidaknya sekali seminggu, dengan hampir seperempat mengatakan mereka memiliki pikiran ini setidaknya sekali sehari.
Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

Masa Emas Kehidupan Seks

Banyak yang percaya bahwa seksualitas adalah wilayah eksklusif kaum muda. Namun, studi AARP ini memperjelas bahwa, meskipun kita menua, kesehatan seksual tetap penting untuk kesehatan tubuh secara umum. 

Kesehatan yang Lebih Baik, Kehidupan Seks yang Lebih Baik

Ketika ditanya apa yang akan meningkatkan kehidupan seks mereka, jawaban No. 1 adalah kesehatan yang lebih baik. Itu peringkat di depan untuk alasan hubungan yang lebih baik dilanjutkan oleh pasangan yang lebih berani atau lebih muda, lebih banyak waktu luang, dan lebih banyak privasi.

Faktor Gender

Berdasarkan survey itu, ditemukan bahwa seks jauh lebih penting bagi kualitas hidup pria secara keseluruhan daripada wanita. Pria dalam survei tersebut tampak lebih sering memikirkan dan melakukan aktivitas seks daripada wanita. Hanya sekitar 3% pria mengatakan mereka tidak terlalu menikmati seks, dibandingkan dengan wanita yang mencapai kisaran 15%.

Berdasarkan survey itu, ditemukan bahwa seks jauh lebih penting bagi kualitas hidup pria secara keseluruhan daripada wanita. Pria dalam survei tersebut tampak lebih sering memikirkan dan melakukan aktivitas seks daripada wanita.
Seks di masa tua/ Sumber: Freepik.com

Jadi, jangan pernah berpikir bahwa kehidupan seks akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Yang perlu kamu persiapkan menjelang masa tua adalah kondisi kesehatan yang optimal. untuk membuat kehidupan seks di masa depan tetap terjaga dengan baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id