sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Wajib Tahu! Ini Pentingnya Membersihkan Diri Setelah Seks

Rumaysha Milhania | Selasa, 27 Apr 2021 05:00 WIB
Wajib Tahu! Ini Pentingnya Membersihkan Diri Setelah Seks
caption

Menjaga area intim tetap bersih sebelum dan setelah aktivitas seksual merupakan bagian dari perawatan tubuh yang penting. Tentu kita semua tahu seks merupakan aktivitas yang melelahkan. Setelah itu semua selesai, kamu tentu sangat ingin berbaring dan terlelap di balik selimut yang hangat. Padahal, ada hal penting yang seharusnya tidak kamu lewatkan setelah seks. Ya, membersihkan diri.

Menjaga area intim tetap bersih sebelum dan setelah aktivitas seksual merupakan bagian dari perawatan tubuh yang penting.
Mandi/ Sumber: Freepik.com

Segeralah bangkit dari tempat tidurmu dan bersihkan diri dengan air mengalir. Mencuci vagina dan penis setelah berhubungan badan merupakan kebiasaan sehat yang sangat direkomendasikan oleh para dokter. Ini harus diingat dengan baik, khususnya bagi para wanita agar selalu menjaga kebersihan untuk menghindari risiko infeksi menular seksual dengan membiarkan bakteri tumbuh di bagian intim.

Tapi, bukan itu saja yang harus kamu lakukan saat berada di kamar mandi. Menurut Jodie Horton, MD, untuk mencegah potensi infeksi, penting juga untuk melakukan pembersihan menyeluruh di bawah sana yang lebih dari sekadar membuang bakteri di sekitar uretra melalui buang air kecil. Ingatlah bahwa aktivitas seksual apapun, baik itu penetrasi dengan penis, jari, ataupun oral memiliki risiko yang sama untuk paparan bakteri ke dalam vagina. Inilah yang nantinya berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih atau vagina.

Ingatlah bahwa aktivitas seksual apapun, baik itu penetrasi dengan penis, jari, ataupun oral memiliki risiko yang sama untuk paparan bakteri ke dalam vagina. Inilah yang nantinya berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih atau vagina.
Membersihkan diri setelah seks/ Sumber: Freepik.com

Meskipun risiko infeksi dan jenis infeksi akan berbeda bergantung pada kondisi kebersihan diri secara menyeluruh, tetap ada risiko yang harus diwaspadai. Misalnya, jika ada air mani yang terlibat, hal itu dapat mengubah keseimbangan pH vagina dan menyebabkan pertumbuhan berlebih dari bakteri dan jamur.

Untuk menjaga kebersihan tubuh setelah bersenggama, para dokter merekomendasikan untuk mencuci vulva, yaitu bagian genital eksternal, dengan air hangat dan sabun lembut. Sementara itu, kamu tidak perlu membersihkan lebih dalam karena vagina itu sendiri dapat membersihkan dirinya sendiri. Berbeda dengan alat kelamin wanita bagian luar, termasuk bibir vagina, lubang vagina, dan uretra dapat dibersihkan dengan lembut dengan air hangat dan sabun lembut bebas pewangi.

Untuk menjaga kebersihan tubuh setelah bersenggama, para dokter merekomendasikan untuk mencuci vulva, yaitu bagian genital eksternal, dengan air hangat dan sabun lembut.
Membersihkan kemaluan/ Sumber: Freepik.com

Nah, setelah semua bersih kamu boleh kembali berbaring di tempat tidur dan beristirahat dengan tenang. Ingat, jangan sampai kamu menyesal saat infeksi terjadi nantinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id