sign up SIGN UP

Seberapa Sering Seharusnya Pasangan Suami Istri Berhubungan Seks?

Rumaysha Milhania | Jumat, 23 Oct 2020 20:00 WIB
Seberapa Sering Seharusnya Pasangan Suami Istri Berhubungan Seks?
caption
Jakarta -

Di beberapa titik dalam hidup, banyak pasangan bertanya-tanya dan bertanya pada diri sendiri,  seberapa lama rata-rata hubungan seks yang dilakukan pasangan lain? Meskipun jawabannya tidak sepenuhnya jelas, para ahli kesehatan telah memberikan banyak jawaban untuk pertanyaan ini. Simak ulasannya berikut ini, ya!

Ada beberapa pertanyaan yang kerap dilontarkan seputar seks bagi pasangan yang sudah menikah.
Seks/ Sumber: Freepik.com

Rata-Rata Frekuensi Seks

Ada beberapa pertanyaan yang kerap dilontarkan seputar seks bagi pasangan yang sudah menikah. Salah satu yang paling sering adalah bagaimana frekuensi rata-rata seks suami istri. Jawabannya bisa berkisar dari sekali seminggu hingga sebulan sekali. Para ahli mengatakan bahwa ini adalah hal yang wajar. Namun, perlu diakui bahwa seks adalah bagian penting dalam sebuah hubungan. Ketika pasangan berhenti berhubungan seks, hubungan mereka menjadi rentan terhadap pertengkaran, perpisahan, perselingkuhan dan yang terburuk, perceraian.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa kehidupan seks pasangan dipengaruhi oleh begitu banyak faktor yang berbeda, seperti usia, gaya hidup, kesehatan masing-masing pasangan dan libido alami. Selain itu, dari faktor eksternal, ini juga dipengaruhi oleh kualitas hubungan mereka secara keseluruhan dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya, ada banyak pengaruh yang menyebabkan frekuensi seks tiap pasangan berbeda.

Menurut David Schnarch, PhD, melalui penelitian yang dilakukan dengan mengamati lebih dari 20.000 pasangan, ia menemukan bahwa hanya 26% pasangan yang melakukan seks rutin seminggu sekali. Sedangkan mayoritas responden melaporkan bahwa mereka melakukan seks hanya sekali atau dua kali sebulan, bahkan kurang!

Hal ini tentu tidak memberikan jawaban jelas untuk pertanyaan yang kamu pikirkan. Tapi yang pasti, seks tidak memiliki standar yang pasti.

Hanya 26% pasangan yang melakukan seks rutin seminggu sekali. Sedangkan mayoritas responden melaporkan bahwa mereka melakukan seks hanya sekali atau dua kali sebulan, bahkan kurang!
Seks Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

Ciri Kehidupan Seks yang Bermasalah

Kebanyakan terapis seks setuju bahwa berhubungan seks kurang dari 10 kali setahun adalah alasan yang cukup untuk memberi label pernikahan kamu dilakukan tanpa seks. Namun, itu tidak selalu berarti kehidupan rumah tanggamu bermasalah karena itu kembali lagi pada individu masing-masing. 

Masalah dapat dikatakan muncul ketika salah satu pasangan mengaku kebutuhannya tidak terpenuhi. Hal inilah yang umum dirasakan sebagian pasangan hingga akhirnya kehidupan seks menjadi akar dari pemasalahan. Satu hal yang harus kamu pahami, ketika kamu memutuskan untuk menikah, itu artinya kamu sudah berani berkomitmen untuk menjaga perasaan dan memenuhi kebutuhan satu sama lain. Jadi, akan sangat bijaksana untuk membicarakan seks dan kebutuhan masing-masing secara terbuka untuk menghindari kesalahpahaman.

Jadi, akan sangat bijaksana untuk membicarakan seks dan kebutuhan masing-masing secara terbuka untuk. menghindari kesalahpahaman.
Kebutuhan Seks Suami Istri / Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu tahu tentang frekuensi ideal berhubungan seks. Tidak ada salahnya untuk mulai menjadwalkan seks dan menyempatkan waktu berkualitas berdua dengan pasangan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id