sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Seks Saat Hamil, Ternyata Ini Manfaatnya!

Rumaysha Milhania | Selasa, 25 Aug 2020 22:00 WIB
Seks Saat Hamil, Ternyata Ini Manfaatnya!
caption
Jakarta -

Semua orang harus tahu bahwa seks selama kehamilan tidak berbahaya dan tidak akan mengganggu kesehatan ibu dan bayi. Beradaptasi dengan perubahan tubuh dan menikmati waktu-waktu terakhir berdua sebelum bayi lahir membuat seks saat hamil menjadi hal yang sangat berkesan. Bahkan, melakukan hubungan seks selama kehamilan benar-benar aman dengan beragam manfaat yang dapat dirasakan sang ibu hamil.

Peningkatan sirkulasi adalah salah satu dari sekian banyak manfaat seks selama masa kehamilan.
Seks saat hamil/ Sumber: Freepik.com

1. Meningkatkan Sirkulasi dalam Tubuh

Pasokan darah dalam tubuh ibu hamil akan berlipat ganda selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi yang sedang tumbuh. Akan tetapi, sirkulasi yang lambat dapat menghambat proses tersebut. Peningkatan sirkulasi adalah salah satu dari sekian banyak manfaat seks selama masa kehamilan. Dengan pelepasan hormon, kebutuhan oksigen dan nutrisi ke janin akan menjadi lebih optimal dan dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

2. Menghasilkan Kepuasan Lebih Besar dan Orgasme Lebih Baik

Pelepasan estrogen dan progesteron, dua hormon utama selama kehamilan, dapat membantu wanita mengalami orgasme yang lebih baik. Peningkatan estrogen menyebabkan lebih banyak aliran darah di daerah panggul. Inilah yang nantinya berperan dalam membangkitkan gairah wanita. Selain itu, sensitivitas yang meningkat di area tersebut mampu membantu wanita mencapai orgasme yang lebih nikmat.


Pelepasan estrogen dan progesteron, dua hormon utama selama kehamilan, dapat membantu wanita mengalami orgasme yang lebih baik.
Seks selama kehamilan/ Sumber: Freepik.com

3. Memperkuat Otot Dasar Panggul

Salah satu manfaat terbesar seks selama kehamilan adalah menguatnya otot dasar panggul. Otot dasar panggul yang kuat akan sangat penting untuk diperhatikan, terutama pada trimester ke-3 kehamilan. Seks teratur selama kehamilan dapat membuat otot-otot ini kencang dan kuat untuk menjalani tugas berat saat persalinan normal.

4. Meningkatkan Ikatan Antar Pasangan

Seks selama kehamilan melepaskan endorfin yang dapat mengurangi tingkat stres, sehingga memberikan lingkungan yang sehat bagi bayi dan ibu. Selain itu, seks juga meningkatkan produksi oksitosin, hormon yang bertanggung jawab atas kasih sayang dan cinta. Ini merangsang ikatan dan keintiman yang lebih baik di antara kamu dan pasangan. Dengan begitu, kehamilan akan terasa lebih bahagia dan mudah.

5. Kontrol Kandung Kemih yang Lebih Baik

Terakhir, para ibu hamil biasa mengalami masalah kesulitan mengontrol kandung kemih. Itulah sebabnya mereka menjadi lebih sering pergi ke kamar mandi. Tidak jarang mereka juga mengalami sedikit inkontinensia saat tertawa atau bersin. Jika kamu terganggu dengan ini, seks dapat membantu mengencangkan otot dan membuatnya kuat, sehingga membantu pengaturan aliran urin.

Seks selama kehamilan melepaskan endorfin yang dapat mengurangi tingkat stres, sehingga memberikan lingkungan yang sehat bagi bayi dan ibu.
Manfaat Seks untuk Ibu Hamil/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa manfaat seks selama hamil yang bisa dirasakan ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id