sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sering Bercinta Bikin Miss V Longgar, Mitos atau Fakta?

Putri Arya | Rabu, 13 May 2020 15:00 WIB
Sering Bercinta Bikin Miss V Longgar, Mitos atau Fakta?
caption

Bercinta atau melakukan hubungan seks adalah sebuah kepuasan bagi pasangan yang telah menikah. Dengan bercinta membuat hubungan suami-istri semakin erat dan mesra. Bagi pasangan yang ingin memiliki anak, pemilihan posisi seks jadi hal penting agar program kehamilan mereka sukses.

Banyak yang beranggapan bahwa miss V akan longgar jika terlalu sering bercinta atau melakukan hubungan seks. Anggapan ini bahkan membuat beberapa perempuan merasa takut miss V mereka longgar karena terlalu sering bercinta. Tapi benarkah anggapan tersebut?


Mitos atau Fakta?



Foto: Istimewa

Miss V longgar akibat terlalu sering berhubungan seks ternyata hanyalah mitos. Para ahli obstetric dan ginekologi tak menyetujui anggapan tersebut. Menurut mereka, vagina cukup elastis dan mengembang sehingga memungkinkan perempuan untuk menggunakan tampon, alat kontrasepsi hingga aktivitas seksual.

“Ini kesalahpahaman terhadap miss V. Vagina terdiri dari banyak otot yang mendukung kinerja dasar panggul. Otot-otot ini dapat mengencang dan rileks tergantung kondisi tertentu seperti saat klimaks,” kata Lauren Averbuch, dokter spesialis obstetric dan ginekologi, dikutip dari Health Detik.

Penjelasan Ilmiah



Foto: Istimewa

Otot vagina akan menjadi rileks selama perempuan bergairah secara seksual hingga memungkinkan terjadinya penetrasi. Karenanya, sangat penting melakukan pemanasan atau foreplay agar otot vagina rileks secara perlahan.

Selain itu, mencoba posisi seks yang berbeda terkadang juga dapat mengubah seberapa ketat atau longgar miss V. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan seksual bagi pasangan.

Penyebab Miss V Longgar



Foto: https://pixabay.com/

Terdapat beberapa hal yang dapat melemahkan otot dasar panggul. Faktor utama otot vagina melemah adalah melahirkan. Seperti dilansir dari Mommyasia, setelah melahirkan vagina bisa terasa lebih longgar, lebih lembut dan lebih ‘terbuka’. Pembengkakan pada vagina akan berkurang secara bertahap setelah beberapa hari bayi lahir. Penyebab miss V longgar lainnya adalah menopause, cedera traumatis dan kanker ginekologis.

Cara Mengatasi Miss V Longgar Setelah Melahirkan



Foto: https://image.freepik.com/

Para dokter menyarankan untuk latihan kegel secara rutin agar miss V yang longgar atau melemahnya otot vagina dapat kembali normal. Kegel dapat membantu mengencangkan otot-otot vagina dan otot dasar panggul. Untuk masalah yang lebih serius, dokter merekomendasikan perawatan tambahan seperti pemberian obat atau operasi.

Jadi sebenarnya, sering berhubungan seks atau bahkan bercinta setiap hari tidak akan membuat vaginamu longgar ya, Ladies. Kamu tetap aman dan bisa menikmati kepuasan seksual bersama pasangan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id