sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips Meningkatkan Kehidupan Seks di Usia 50-an

Rumaysha Milhania | Minggu, 02 Aug 2020 22:00 WIB
Tips Meningkatkan Kehidupan Seks di Usia 50-an
Pasangan Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Seiring bertambahnya usia, baik suami dan istri tentu akan mengalami banyak perubahan dari segi kehidupan seksual akibat dari kondisi kesehatan atau asupan obat-obatan. Semua ini tentu akan mengurangi gairah dan kinerja seks kalian. Tetapi jangan berpikir bahwa jika kamu sudah berada di usia lebih dari 50, kamu tidak bisa melakukan apapun untuk kehidupan seks yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kehidupan seks yang lebih menggairahkan di usia lanjut:

1. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Sebagian besar orang mungkin menganggap seks sebagai kegiatan menyenangkan yang santai, tetapi sadari bahwa aktivitas ini ternyata membakar banyak kalori. Itulah sebabnya stamina saat berhubungan seks sangat eratnya dengan stamina dalam kehidupan sehari-hari. Jangan heran jika olahraga teratur dapat membantumu untuk menjaga tubuh berada dalam kondisi optimal sehingga mampu meningkatkan kehidupan seks kalian.


Olahraga teratur dapat membantumu untuk menjaga tubuh berada dalam kondisi optimal sehingga mampu meningkatkan kehidupan seks kalian.
Pasangan Lanjut Usia/ Sumber: Freepik.com

2. Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Ketika kamu sudah menikah dengan pasanganmu dalam waktu yang sangat lama, sangat penting untuk membuat seks menjadi hal yang menyenangkan dan dinantikan. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan sedikit variasi pada kehidupan seks. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba berbagai posisi saat berhubungan seksual, mengatur kamar dan ciptakan suasana romantis, mengeksplorasi tempat baru untuk berhubungan, hingga berpergian ke tempat bulan madu saat awal pernikahan dulu. 

3. Berpikir Lebih dari Hubungan Seksual

Jika kamu dan pasangan benar-benar tidak lagi dapat aktif secara seksual, pikirkan opsi lain bagi kamu untuk menikmati kedekatan dan keintiman. Berciuman dan sentuhan yang sederhana dan intim tidak boleh disepelekan.

Berciuman dan sentuhan yang sederhana dan intim tidak boleh disepelekan.
Pasangan Berpegangan Tangan/ Sumber: Freepik.com

4. Utamakan Nyaman

Pada orang yang sudah berusia lebih lanjut, keluhan seperti radang sendi atau nyeri terus-menerus membuat menjadi seks kurang menyenangkan. Untuk itu, cobalah mencari cara untuk dalam merasa lebih baik. Posisi baru dengan penyangga di bagian punggung bisa menjadi solusi yang menarik untuk dicoba.

5. Konsultasikan Dokter untuk Asupan Obat Tertentu

Pahami bahwa efek samping dari beberapa obat ternyata juga bisa menjadi penyebab masalah seksual, seperti misalnya antidepresan, antihistamin, obat tekanan darah, obat penurun kolesterol, dan obat maag. Jadi, konsultasikan diri pada dokter untuk mendapatkan rekomendasi obat yang tidak meredam gairah dan stamina seksmu.

Kebanyakan wanita yang telah memasuki masa menopause juga mungkin akan mengalami pengurangan produksi cairan vagina.
Suami dan Istri Lanjut Usia/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk bisa mengoptimalkan kehidupan seks yang lebih baik saat usia memasuki setengah abad. Selain itu, perhatikan juga bahwa kebanyakan wanita yang telah memasuki masa menopause juga mungkin akan mengalami pengurangan produksi cairan vagina. Hal ini dapat membuat hubungan intim menjadi terasa menyakitkan. Jadi, cobalah untuk memikirkan penggunaan pelumas yang dapat memberikan kenyamanan saat melakukan intercourse.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id