sign up SIGN UP

LIFE

Cara Alami Meningkatkan Peluang Hamil di Usia 30an

Rumaysha Milhania | Sabtu, 27 Jun 2020 21:00 WIB
Cara Alami Meningkatkan Peluang Hamil di Usia 30an
caption

Setelah menikah, para pasangan pada umumnya sangat mendambakan kehadiran buah hati. Sayangnya, hamil tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak sekali pasangan yang kenyataannya harus berupaya lebih besar untuk bisa memiliki momongan. Untuk itu, jika kamu menginginkan kehamilan yang segera setelah pernikahan, ada beberapa fakta mendasar yang harus diketahui tentang proses kehamilan.

Suami dan istri yang baru menikah biasanya mendambakan kehadiran anak.
Suami dan Istri/ Sumber: Pexels.com

Seorang wanita sehat dengan usia 30 tahun hanya memiliki peluang 20 persen untuk hamil tiap bulannya. Jadi, jangan heran jika sangat lumrah jika kehamilan akan memakan waktu yang lebih lama saat kamu sedang mengupayakan program hamil di usia itu. Akan tetapi, ini bukan berarti bahwa mereka yang sudah mencapai usia 30 tahun akan kesulitan untuk hamil. 


Peluang kehamilan menjadi semakin tinggi saat hubungan badan dilakukan pada masa ovulasi.
Kehamilan/ Sumber: Pexels.com

Banyak orang mengira bahwa hamil dapat terjadi saat seseorang telah melakukan hubungan seks. Padahal, kehamilan merupakan proses yang lebih rumit dari itu. Setiap bulannya, tubuh wanita mengalami serangkaian perubahan hormonal yang menyebabkan sel telur berproses dari yang belum matang dalam ovarium perlahan tumbuh dan menjadi matang. Serangkaian siklus ini terjadi berbeda dalam kasus setiap wanita. Namun, siklus ini rata-rata memakan waktu sekitar dua minggu, sejak periode pertama menstruasi. 

Dalam siklus tersebut, peluang kehamilan tertinggi hanya akan terjadi saat telur matang dan telah dikeluarkan dari ovarium dalam proses yang dikenal sebagai ovulasi. Telur yang matang kemudian bergerak ke tuba falopi menuju rahim. Perlu diketahui juga bahwa sel telur ini hanya dapat bertahan selama sekitar 24 jam setelah dilepaskan.

Nah, apabila sel telur dibuahi oleh sel sperma dalam jangka waktu ini, maka kehamilan akan terjadi. Dengan kata lain, kehamilan dapat lebih mungkin terjadi saat kamu melakukan hubungan seks sebelum atau saat masa ovulasi terjadi. Itulah sebabnya sangat penting bagi kamu untuk mengetahui jadwal masa subur. Pahami juga bahwa sel sperma dapat bertahan hidup dalam saluran reproduksi wanita selama empat atau lima hari. 

Olahraga dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan dan menjaga kehamilan tetap sehat.
Olahraga Ibu Hamil/ Sumber: Pexels.com

Selain melakukan hubungan seks di masa subur, beberapa cara alami lain untuk meningkatkan peluang kehamilan yang bisa kamu lakukan adalah:

  1. Menjaga gaya hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan rajin berolahraga.
  2. Menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  3. Kurangi asupan yang mengandung kafein.
  4. Istirahat yang cukup dan hindari stres.
  5. Lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk memeriksakan kondisi reproduksi suami dan istri.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id