sign up SIGN UP

10 Step Korean Skincare, Rahasia Kulit Sehat dan Bening Wanita Korea

Novianty Aulia | Rabu, 17 Feb 2021 20:15 WIB
10 Step Korean Skincare, Rahasia Kulit Sehat dan Bening Wanita Korea
caption

Korea Selatan seakan menjadi kiblat baru dalam berbagai hal seperti makanan, fashion, musik hingga skincare dan alat kecantikan. Tidak bisa dipungkiri baik skincare ataupun makeup dari Korea Selatan selalu menjadi top incaran di sebagian besar kalangan wanita.

Bagaimana tidak? Bisa kita lihat sendiri para bintang Korea Selatan memiliki kulit yang sehat, glowing serta mulus seperti kaca atau yang sekarang disebut glass skin. Mungkin hal ini jugalah yang menjadi penyebab mengapa skincare Korea sangat amat dicari dan laku di pasaran.

Nah Ladies, tentunya kita juga bisa lho mendapatkan kulit yang sehat serta glowing seperti wanita Korea. Berikut Beautynesia akan membocorkan rahasia kulit glowing yang telah dirangkum menjadi 10 step perawatan kulit ala wanita Korea, yuk disimak!

1. Selalu Bersihkan Wajah dengan Makeup Remover

Selalu bersihkan wajah setelah mengaplikasikan riasan make up.
Bersihkan Wajah dengan Make Up Remover/freepik.com

Langkah pertama yang paling dasar dalam merawat kulit adalah membersihkan wajah. Hampir sama pada umumnya, wanita-wanita Korea juga mengawali step skincare mereka dengan menggunakan makeup remover untuk mengangkat segala kotoran yang tertinggal setelah mengaplikasikan riasan di wajah.

Kamu bisa menggunakan beragam macam produk cleanser yang sesuai dengan jenis kulit, seperti cleansing oil ataupun cleansing balm. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memastikan tidak adanya bekas-bekas kotoran yang tertinggal sebelum kamu mengaplikasikan produk selanjutnya.

2. Gunakan Facial Wash untuk Double Cleansing

Lakukan Double Cleansing agar Wajah Bersih secara Maksimal.
Double Cleansing dengan Facial Wash/Freepik.com

Jika kamu berfikir penggunaan cleansing sudahlah cukup, bisa dikatakan hal tersebut kuranglah tepat. Menurut para ahli kecantikan, pemakaian cleansing tidak akan bekerja maksimal jika tidak diikuti dengan penggunaan face wash atau produk pencuci muka, teknik seperti ini disebut dengan double cleansing.

Di Korea sendiri pembersihan dua kali ini sudah menjadi hal wajib dalam urutan skincare atau perawatan kulit mereka. Dengan rutin melakukan double cleansing tentunya kulit menjadi lebih bersih dan mengurangi risiko mengalami breakout.

3. Angkat Kulit Mati dengan Exfoliate Toner

Gunakan exfoliate toner untuk mengangkat kulit mati
Angkat Kulit Mati dengan Exfoliate Toner/Freepik.com

Sudah tidak diragukan lagi kulit wajah wanita Korea terlihat sangat halus seperti tidak ada komedo sama sekali. Bukan tidak mungkin hal ini terjadi karena diketahui mereka sangat gemar untuk melakukan exfoliasi pada wajah.

Hal ini dilakukan agar sel-sel mati pada wajah terangkat dan tergantikan dengan kulit yang sehat. Nah bagi kamu yang gemar melakukan exfoliasi, perlu diperhatikan juga ya kandungan produk dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit kamu, karena jika dilakukan secara berlebih juga tidak akan baik bagi kulit wajah.

4. Selalu Siapkan Hdryating Toner untuk Menghindari Kulit kamu

Kembali hidrasi kulit kalian dengan Hydrating Toner
Siapkan Hydrating Toner untuk Menghidrasi Kulit/Freepik.com

Setelah kulit kamu selesai di exfoliasi langkah selanjutnya ialah menghindrasi kembali wajah dengan menggunakan hydrating toner. Seperti yang kita tahu, penggunaan toner sangat penting karena melalui step ini kulit kita dipersiapkan kembali untuk menerima sentuhan dari produk lainnya.

Umumnya, para wanita di Korea mengaplikasikan toner tidak memakai kapas melainkan langsung dituang ke tangan lalu di tepuk-tepuk ke wajah. Tapi jangan lupa untuk mencuci tangan dulu ya, Ladies

5. Manjakan Kulit dengan Penggunaan Essence

Kulit sehat dan kenyal dengan penggunaan essence
Manjakan kulit dengan essence/Freepik.com

Sudah familiarkah kamu dengan skincare ini? Ya, essence adalah salah satu produk skincare yang berfungsi untuk mengantarkan kelembapan di wajah serta memberikan nutrisi agar kulit kenyal dan halus.

Pada dasarnya essence memiliki tekstur yang tidak terlalu kental namun juga tidak cair seperti toner. Dengan pemakaian essence secara teratur, dipercaya oleh wanita Korea akan memberikan manfaat yang baik untuk kulit salah satunya, glowing!

6. Maksimalkan Nutrisi untuk Wajah dengan Serum

Maksimalkan vitamin serta nutrisi untuk wajah dengan penggunaan serum
Berikan nutrisi bagi wajah dengan serum/Freepik.com

Hampir sama dengan essence, serum juga berperan sebagai booster untuk melembapkan kulit. Bedanya, serum memiliki kandungan aktif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan essence. Dengan kandungannya yang tinggi inilah, kerja dari serum biasanya akan lebih cepat terasa dibanding dengan yang lain.

Pemakaian serum dilakukan 2 kali dalam sehari dengan 1-3 tetes saja. Tapi perlu diingat ya ladies, gunakan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya. Jangan sampai karena salah memilih malah mengundang jerawat atau masalah kulit lainnya.

7. Gunakan Sheet Mask untuk Kulit Glowing dan Kenyal

Rajin menggunakan sheet mask untuk dapatkan kulit glowing dan kenyal
Gunakan sheet mask untuk kulit glowing/Freepik.com

Bagi kamu pencinta drama Korea tentunya tidak asing lagi dengan adegan dimana para pemain sedang menggunakan sheet mask. Ternyata hal ini bukanlah hanya sebuah scene drama belaka tetapi memang nyatanya para wanita Korea tidak pernah lupa untuk menambahkan sheet mask di step skincare mereka.

Sheet mask sendiri mengandung banyak essence yang mampu memberikan nutrisi serta kelembapan bagi kulit wajah. Pengaplikasian sheet mask juga sangat mudah, cukup rekatkan mask ke wajah lalu diamkan selama 15-20 menit sambil berikan pijatan secara lembut agar essence menyerap secara dalam ke kulit wajah.

8. Tutup Kantung Mata dengan Eye Cream

Otot-otot mata akan kencang dan sehat dengan penggunaan eye cream.
Gunakan eye cream untuk tutup kantung mata/Freepik.com

Tidak hanya fokus kepada daerah pipi, dagu ataupun dahi, wanita Korea juga sangat memperhatikan penampilan mata. Bisa kita lihat, jarang sekali bintang Korea Selatan yang memiliki dark circle di bawah matanya padahal kesibukan mereka sangatlah padat dan bukan tidak mungkin jam tidur mereka juga berantakan.

Ternyata diketahui mereka sangatlah rajin untuk mengaplikasikan eye cream pada malam hari sebelum tidur. Selain mampu untuk menghilangkan lingkaran hitam, eye cream juga dipercaya dapat membuat otot-otot di bawah mata menjadi kencang dan tidak cepat turun. 

9. Kunci Kelembapan Kulit Wajah dengan Moisturizer

Gunakan moisturizer agar kulit senantiasa lembab dan kenyal
Dapatkan kelembapan kulit dengan moisturizer/Freepik.com

Seusai menggunakan essense dan serum, kulit wajah kamu juga membutuhkan sentuhan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit serta meningkatkan kadar air di wajah.

Perlu diingat bahwa ketika kulit kamu kering justru wajah akan memproduksi minyak secara berlebih dan malah menimbulkan jerawat nantinya. Jadi, kulit kamu sangat membutuhkan moisturizer. Aplikasikan moisturizer saat pagi dan malam hari secara rutin agar kulit senantiasa lembut dan sehat.

10. Lindungi Wajah dari Sinar Matahari dengan Sunscreen!

Lindungi kulti dari terpaan matahari dengan tabir surya
Penggunaan tabir surya/freepik.com

Langkah terakhir yang juga sangatlah penting ialah menggunakan tabir surya. Pemakaian sunscreen sangat amat dianjurkan karena sebanyak apapun skincare yang kamu aplikasikan, tidak akan maksimal jika pada akhirnya kulit kamu terbakar karena terpaan sinar matahari.

Di Korea, para wanita sangat pantang keluar rumah jika tidak menggunakan sunscreen, sekalipun hanya di dalam ruangan. Oleh karena itu ladies, jangan pernah lupa untuk pakai tabir surya ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id