sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mengatasi Jerawat Berdasarkan Usia

Esra Dopita | Sabtu, 18 Jul 2020 16:00 WIB
Cara Mengatasi Jerawat Berdasarkan Usia
caption

Permasalahan jerawat sepertinya tak hanya dialami remaja atau mereka yang tengah pubertas. Rupanya, orang dewasa juga banyak yang mengalami masalah ini meski sudah melewati usia pubertas. Pertambahan usia seolah bukan jaminan masalah jerawat akan hilang.

Rita Linkner, konsultan dokter kulit dari Spring Street Dermatology dan Hadley King, dokter kulit bersertifikat dari AcneFree, membagikan cara mengatasi jerawat sekaligus perawatan yang tepat berdasarkan usia, dari remaja sampai dewasa. 

Usia Remaja 

AcneFree Oil Free 24 Hour Clearing System terdiri atas tiga langkah, yakni cleanser, toner, dan krim jerawat.
https://www.instagram.com/acnefree/

Dibanding usia lainnya, usia remaja lebih rentan mengalami kulit jerawat. Sebab, pada usia ini banyak hal yang dapat memicu jerawat. Meski demikian, permasalahan jerawat remaja lebih mudah diatasi daripada usia lainnya.


Untuk jerawat tidak terlalu parah, dokter King merekomendasikan perawatan dengan tiga langkah seperti AcneFree Oil Free 24 Hour Clearing System. "Produk ini adalah pilihan tepat mengobati jerawat dengan kandungan asam salisilat dan benzoil peroksida," katanya. 

AcneFree Oil Free 24 Hour Clearing System merupakan pilihan yang tepat untuk mengobati jerawat karena mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida.
https://www.instagram.com/acnefree/

King menjelaskan, asam salisilat dapat menembus ke dalam pori-pori, mengeksfoliasi secara lembut, serta menghilangkan sebum untuk mencegah dan mengobati daerah yang tersumbat. Benzoil peroksida membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Namun, bila memakai produk tersebut tidak menunjukkan perubahan, segera konsultasi ke dokter kulit. Linkner mengaku kerap meresepkan accutane dan vitamin A untuk mengatasi jerawat pada remaja. Bahkan ia juga memberikan pilihan antibiotik untuk membantu menenangkan jerawat. 

Usia 20-30 Tahun 

Usia 20-30 tahun membutuhkan skincare berbahan lembut dan ringan demi menghindari iritasi.
https://www.instagram.com/skinceuticals/

Linkner mengatakan hormon sering menjadi penyebab utama jerawat pada usia dewasa, 20-30 tahun. Untuk jerawat ringan, Linkner mengatakan perawatan noda jerawat adalah hal utama untuk memastikan jerawat tidak muncul ke permukaan.

Kamu bisa mencoba produk dari Kiehl's, Breakout Control Targeted Acne Spot Treatment. Produk ini diformulasi mineral sulfur yang membantu menyamarkan noda gelap tanpa membuat kulit kering dan vitamin B3 untuk mencerahkan kulit. 

Kiehl's Breakout Control Targeted Acne Spot Treatment diformulasi mineral sulfur yang membantu menyamarkan noda gelap tanpa membuat kulit kering dan vitamin B3 untuk mencerahkan kulit.
https://www.kiehls.com/

Berbeda dengan Linkner, King mengatakan usia 20-30 tahun membutuhkan skincare berbahan lembut dan ringan demi menghindari iritasi. Gunakan bahan-bahan yang melembapkan serta menenangkan dengan kandungan iritasi yang rendah seperti SkinCeuticals Blemish Age + Defense. 

Usia 30 Tahun ke Atas 

Untuk usia di atas 30 tahun Linkner merekomendasikan pembersih bebas minyak dengan kandungan asam salisilat yang tinggi guna mengobati jerawat.
https://www.instagram.com/larocheposay/

Masalah jerawat paling jarang dikeluhkan saat usia 30 tahun ke atas. Namun, masih ada beberapa wanita yang mengalami masalah kulit ini setiap bulannya. Mereka mencari tahu cara menghilangkan jerawat. Linkner merekomendasikan pembersih bebas minyak dengan kandungan asam salisilat yang tinggi seperti La Roche-Posay Effaclar Obat Wajah Jerawat.

"Saya juga memberi tahu pasien saya untuk menggunakan retinoid topikal pada malam hari demi membantu eksfoliasi kulit dan mengobati jerawat serta memberikan manfaat antipenuaan," ujarnya. 

AcneFree Terminator 10 mengandung 10 persen mikro-benzoil peroksida yang mampu menghilangkan jerawat.
https://www.instagram.com/acnefree/

Untuk skincare routine di rumah, Linkner merekomendasikan produk retinol berbasis asam glikolat seperti Neova Intensive Retinol Spray dan CeraVe Resurfacing Retinol Serum atau produk lokal Avoskin.

King menambahkan, selain retinol, untuk mengatasi noda gelap bekas jerawat, coba gunakan AcneFree Terminator 10. "Perawatan ini mengandung 10 persen mikro-benzoil peroksida yang mampu menghilangkan jerawat, ditambah dikombinasikan dengan bahan-bahan meredakan seperti chamomile, jahe, juga sea whip," ucapnya.

Bahan tambahan ini memiliki kandungan lebih lembut serta tidak aktif atau menjengkelkan seperti bahan pelawan jerawat lainnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id