sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Alasan Skincare Kamu Tidak Bekerja, Catat ya!

Atikah Nur Pertiwi | Senin, 11 Jan 2021 09:30 WIB
4 Alasan Skincare Kamu Tidak Bekerja, Catat ya!
caption

Pernahkah skincare kalian tidak bekerja atau tidak berfungsi di wajah? Bisa jadi itu bukan karena bahan atau kandungannya, melainkan produknya.

Sebaiknya jangan asal membuang skincare rutin kamu dulu nih. Ada beberapa alasan mengapa produk tertentu tidak bisa bekerja atau tidak berfungsi untuk membantu masalah kulit kamu.

1. Produk Kamu Bisa Kadaluarsa

Produk yang memiliki tanggal kadaluarsa
Produk Kadaluarsa/freepik.com

Jika kamu menyimpan produk di rak terlalu lama lebih dari 12 bulan atau tidak sesuai pada produk dan kemasannya, bisa menyebabkan skincare yang digunakan jadi kurang efektif dan kecil kemungkinannya untuk memberikan hasil yang kamu inginkan.

Itulah mengapa kamu perlu melihat tanggal expired pada skincare yang kamu gunakan.

2. Menyimpan Produk di Bawah Sinar Matahari atau di Area yang Lembab

Menyimpan Produk di Bawah Sinar Matahari atau di Area yang Lembab
Menyimpan Produk Pada Tempat yang Sesuai/freepik.com

Menyimpan produk di kamar mandi yang suhunya bisa sangat tinggi karena pancuran air panas dapat mengubah keefektifan beberapa bahan.

Bahkan suhu lingkungan yang ekstrim juga dapat secara signifikan mempengaruhi stabilitas dan kemanjuran produk. Karena pada dasarnya produk dapat bereaksi, terlihat, terasa, dan bahkan bekerja secara berbeda. Jadi perhatikan lagi pada kemasan untuk menyimpan produk skincare kamu sesuai tempatnya ya.

3. Produk Tidak Memiliki Cukup Bahan Aktif

Kandungan dengan bahan aktif
Skincare dengan Bahan Aktif/freepik.com

Ketika menggunakan skincare tertentu mungkin bahan yang ada dalam produk kamu tidak tepat. Bisa jadi konsentrasi pada produk skincare sangat rendah, sehingga saat kandungan mencapai area target di kulit tidak cukup untuk memiliki efek yang dibutuhkan pada kulit.

Sebelum kamu tahu jika suatu bahan tidak efektif untuk kulit, cobalah untuk mencari di Google daftar bahan produk yang ingin kamu gunakan. Jika bahan aktif tidak termasuk dalam lima besar, mungkin konsentrasi tidak cukup tinggi untuk melihat hasil.

4. Produk dengan Kualitas Rendah

Produk dengan Kualitas Rendah
Produk dengan Kualitas Rendah/freepik.com

Bahan-bahan berkualitas buruk dapat menyebabkan suatu bahan tidak bekerja. Perlu diketahui, tidak semua produk skincare diciptakan sama rata dan itu semua tergantung dari harga yang dijual.

Perlu berhati-hati dengan produk yang mengacu pada bahan-bahan berkualitas rendah, formulasi yang buruk, molekul yang tidak stabil, atau pengemasan baik hanya untuk lewat dari pemeriksaan. Salah satu contohnya adalah kemasan seperti toples terbuka dapat membiarkan banyak oksigen masuk sehingga bisa menyebabkan destabilisasi bahan aktif pada produk. 

Itu dia beberapa alasan kenapa skincare kamu tidak bekerja pada kulit wajah kamu. Pastikan dan perhatikan lagi jika kamu ingin membeli produk skincare ya. Jangan sampai produk yang kamu gunakan sia-sia dan malah membuang uang jajan kamu!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id