sign up SIGN UP

4 Kesalahan Memakai Clay Mask yang Membuat Hasilnya Kurang Maksimal

Ruhil Anadiah Sabrina | Minggu, 04 Jul 2021 18:30 WIB
4 Kesalahan Memakai Clay Mask yang Membuat Hasilnya Kurang Maksimal
caption
Jakarta -

Siapa, nih, dari Beauties yang hobi sekali maskeran? Pasti dari kalian sudah sering menggunakan masker sebagai perawatan rutin bagi wajah. Mulai sheet mask, sleeping mask, cream mask, hingga clay mask. Berbicara tentang clay mask, nampaknya kalian sudah nggak asing lagi dengan jenis masker satu ini. Clay mask cocok digunakan bagi kalian yang memiliki tipe kulit wajah oily.

Masker ini bisa membantu mengurangi minyak di wajah dan dapat membersihkan pori-pori  yang tersumbat. Namun dalam penggunaannya harus diperhatikan dengan benar ya, dan hindari empat kesalahan ini supaya hasilnya bisa maksimal. 

1. Sebelum Menggunakan Tidak Membersihkan Kotoran di Wajah

perawatan wajah
perawatan wajah/pexels.com

Kesalahan pertama menggunakan clay mask yang membuat hasilnya jadi nggak maksimal yaitu, sebelum menggunakan kamu tidak membersihkan kotoran di wajah. Penting lho sebelum pengaplikasian, pastikan wajahmu sudah berada dalam kondisi bersih. Nah kamu bisa melakukan double cleansing di mana bersihkan make up, kotoran, hingga minyak yang menempel lebih dulu, kemudian mencuci wajah dengan sabun cuci muka. Setelah dirasa bersih, kamu bisa aplikasikan clay mask dengan spatula. 

2. Terlalu Sering Menggunakan Clay Mask

masker wajah
masker wajah/pexels.com

Kesalahan selanjutnya yaitu, terlalu sering menggunakan clay mask. Setelah rutin dalam menggunakan clay mask pasti di wajah jadi lebih halus dan kenyal. Sehingga membuat kita jadi terlalu sering hingga setiap hari menggunakannya. Namun ternyata, terlalu sering menggunakan clay mask bisa membuat hasilnya jadi nggak maksimal lho girls. Sebab bisa membuat wajah jadi kering hingga iritasi. Maka gunakan sesuai kebutuhan kulit dan cukup digunakan dua kali seminggu sesuai dengan petunjuk pemakaian. 

3. Membiarkan Clay Mask Terlalu Lama Menempel di Wajah

memakai clay mask
memakai clay mask/pexels.com

Anggapan bahwa membiarkan clay mask terlalu lama menempel di wajah hingga dibiarkan terlalu kering membuat kotoran lebih terangkat, ternyata tidak sepenuhnya benar. Justru membiarkan terlalu lama bisa membuat hasilnya kurang maksimal dan kulit jadi iritasi. Gunakan sesuai petunjuk pemakaian yang biasanya cukup 10 sampai 15 menit saja, kemudian bilas langsung dengan air bersih apabila sudah kering dan warnanya berubah. 

4. Tidak Menggunakan Pelembab Setelah Memakai Clay Mask

wanita memakai pelembab
wanita memakai pelembab/pexels.com

Kesalahan terakhir yaitu, tidak menggunakan pelembab setelah menggunakan clay mask. Karena fungsi clay mask untuk membersihkan kotoran, dan mengangkat minyak berlebih di wajah, maka setelah menggunakannya wajib pakai toner dan pelembab supaya muka nggak kering. Dengan memakai pelembab bisa membuat kulit terjaga kelembapannya, serta wajah tidak memproduksi minyak berlebih yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id