sign up SIGN UP

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Serum Wajah, Bikin Hasil Nggak Maksimal

Ruhil Anadiah Sabrina | Jumat, 09 Jul 2021 14:15 WIB
4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Serum Wajah, Bikin Hasil Nggak Maksimal
caption

Penggunaan serum menjadi salah satu rangkaian perawatan wajah yang tidak boleh ditinggalkan. Serum sangat penting dalam skincare rutin, karena mempunyai tekstur yang lebih ringan dan memiliki bahan aktif yang lebih mudah meresap ke lapisan terdalam kulit.

Penggunaan serum pun bisa mengatasi berbagai macam persoalan kulit seperti dehidrasi, jerawat, memperbaiki tekstur wajah, dan sebagainya. Namun ternyata, rutin menggunakan serum tidak menjamin memberi hasil yang maksimal jika kamu masih melakukan empat kesalahan ini lho, Beauties!

1. Memakai Serum Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

wanita memakai serum
Memakai Serum Tidak Sesuai Kebutuhan/Sumber: Pexels.com/skincare

Kesalahan pertama memakai serum wajah yang membuat hasilnya jadi kurang maksimal yaitu, memakai serum yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit. Pastikan saat membeli jangan tergoda dengan harganya yang murah saja.

Ketahui dulu apa masalah wajah yang sedang kamu alami. Apakah permasalahannya terletak pada jerawat dan bekasnya, untuk mencerahkan, melembabkan kulit, dan sebagainya. Baca review dan ingredient yang tertera sesuai dengan apa yang memang kulitmu butuhkan.

2. Tidak Memakai Secara Berurutan

skincare rutin
Tidak Memakai Secara Berurutan/Sumber: Pexels.com/skincare

Apa nih kesalahan selanjutnya? Ya benar sekali tidak memakai serum sesuai urutan.

Pastikan dulu kamu sudah paham mengenai urutan penggunaan skincare sehari-sehari. Urutannya yaitu, dari tekstur yang cair ke bagian kental dimulai setelah double cleansing, toner, essence, serum, pelembab, kemudian sunscreen. Ingat serum dipakai setelah penggunaan toner atau essence dan sebelum memakai pelembab ya!

3. Tidak Dilanjutkan dengan Pelembap

pelembab
Tidak Dilanjutkan dengan Pelembap/Sumber: Pexels.com/skincare

Kesalahan selanjutnya yang membuat hasilnya tidak maksimal yaitu, tidak melanjutkan dengan pelembap. Meski kamu menganggap menggunakan serum sudah terasa lembap, tapi kamu wajib menggunakan moisturizer setelahnya.

Karena fungsi dari pelembap ini untuk mengunci skincare yang telah digunakan. Maka dari itu jangan melewatkan penggunaan pelembap supaya hasilnya bisa lebih sempurna dan paripurna. 

4. Tidak Rutin dalam Menggunakannya

wanita sedang skincare an/
Tidak Rutin Menggunakannya/Sumber: Pexels.com/skincare

Kunci penggunaan skincare atau serum supaya hasilnya maksimal yaitu dengan rutin menggunakan. Umumnya serum digunakan setiap hari, untuk rangkaian skincare rutin pagi dan malam sebelum menggunakan pelembab.

Namun ada juga serum yang pemakaiannya hanya bisa beberapa minggu sekali dan di waktu tertentu saja. Intinya sebelum menggunakan, baca aturan pakai dan petunjuk pemakaian. Percuma kalau pakai hanya seingatnya saja, karena membuat hasilnya jadi nggak maksimal. 

Beauties, itu dia keempat kesalahan yang sering dilakukan saat memakai serum wajah. Bagaimana, apa kamu sering melakukannya? 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id