sign up SIGN UP

Skincare Serum VS Ampoule, Kamu Tim yang Mana?

Shinta Nikmah | Kamis, 08 Jul 2021 16:00 WIB
Skincare Serum VS Ampoule, Kamu Tim yang Mana?
caption

Beberapa dari kamu mungkin lebih familiar dengan serum daripada ampoule. Ampoule memang produk pada skincare yang digunakan untuk permasalahan kulit tertentu. Meski secara kasat mata ampoule memiliki bentuk yang sama dengan serum, namun faktanya ampoule yang merupakan tren kecantikan dari Korea ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan serum.

Yuk, kita simak perbedaan serum dengan ampoule berikut ini.

Kandungan Bahan Aktif

kandungan
Kandungan ampoule/ Foto: freepik.com

Seperti yang mungkin kalian sudah tahu, serum merupakan cairan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih pekat dibanding toner dan essence. Kandungan bahan aktif dalam serum juga lebih bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda. Pun ada banyak bahan aktif yang digunakan dalam serum seperti zat antipenuaan, zat antioksidan, hyaluronic acid sebagai pelembap, dan berbagai vitamin.

Kamu biasanya akan menjumpai serum dengan campuran bahan aktif dengan persentase yang berbeda dan bertingkat. Misalnya kandungan niacinamide dalam serum, bisa kamu jumpai dalam persentase 5% atau 10%. 

Lantas bagaimana dengan ampoule?

Kandungan bahan aktif dalam ampoule memang mirip dengan serum, namun dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Biasanya ampoule mengandung bahan aktif yang lebih spesifik seperti Retinol, Ceramide, Peptide, Vitamin C, ekstrak tumbuhan seperti Centella Asiatica, Asam Hialuronat, dan Asam Esensial.

Kadar bahan aktif yang lebih tinggi tersebut dianggap efektif digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu dan jenis kulit tertentu, jadi kamu memang perlu cermat dalam menggunakan ampoule.

Tekstur Serum Vs Ampoule

tekstur
Tekstur serum dan ampoule/ Foto: freepik.com

Serum biasanya dikemas dalam botol kaca yang berisi cairan dengan tekstur yang ringan, meski beberapa brand juga memiliki produk serum dengan tekstur yang kental.

Walaupun kandungan bahan aktif dalam ampoule lebih pekat, nyatanya tekstur ampoule hampir sama dengan serum pada umumnya, Beauties. Beberapa brand ada yang mengeluarkan produk ampoule dengan tekstur yang kental, ada juga yang mengeluarkan produk ampoule dengan tekstur yang lebih cair.

Oh ya, keduanya sama-sama diaplikasikan menggunakan pipet dan sama-sama mudah menyerap ke dalam kulit, lho. 

Waktu Penggunaan

ampoule
Ampoule digunakan dalam waktu tertentu/ Foto: freepik.com

Ampoule yang memiliki bahan aktif lebih tinggi dari serum memang dikhususkan untuk perawatan kulit yang lebih spesifik dan mendesak. Kandungan bahan aktif dalam ampoule itu sendiri juga ditujukan untuk permasalahan kulit yang berbeda-beda.

Permasalahan kulit yang dapat diatasi oleh ampoule secara spesifik seperti permasalahan jerawat, kulit kering, kemerahan pada kulit, serta tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus pada wajah. Akan tetapi, ampoule yang juga berfungsi sebagai vitamin booster bagi kulit, namun biasanya hanya bisa digunakan dalam periode waktu yang singkat saja, atau sampai permasalahan kulit sudah teratasi.

Berbeda dengan ampoule, serum memiliki bahan aktif dengan konsentrasi yang disesuaikan dengan penggunaan harian. Serum juga digunakan untuk membantu permasalahan kulit sesuai kebutuhan seperti melembapkan, menenangkan, dan mencerahkan.

Namun waktu yang dibutuhkan serum untuk memberikan efek nyata memang tidak secepat ampoule.

Urutan Penggunaan

Serum
Penggunaan serum/ Foto: freepik.com

Serum merupakan produk perawatan kulit yang biasanya diaplikasikan di akhir karena tekstur dan kandungan bahan aktif yang lebih pekat dibanding produk lainnya. Untuk urutan penggunaannya, kamu bisa mulai dengan membersihkan kulit dengan cleansing oil/micellar water kemudian cuci wajah dengan sabun hingga bersih. Setelah itu gunakan toner, essence, serum, dan sempurnakan dengan pelembap.

Penggunaan skincare yang memasukkan ampoule ke dalam urutannya memiliki langkah yang hampir sama. Namun jika kamu menggunakan serum dan ampoule dalam waktu yang bersamaan, kamu bisa mulai dengan membersihkan wajah dengan teknik double cleansingSetelah itu kamu bisa menggunakan toner, essence, serum, ampoule, serta pelembap. 

Urutan di atas memang tidak baku sehingga kamu bisa sesuaikan dengan tekstur serum atau ampoule yang kamu pakai. Namun jika kamu ingin menggunakan serum dan ampoule secara bersamaan, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter kecantikanmu ya, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id